Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menjajaki kerja sama bidang pendidikan dengan Universitas Teknologi Petronas (UTP) terkait pendidikan tinggi dalam batas wewenang, pendanaan, kemampuan teknis juga bidang penelitian, pengembangan, dan peningkatan kapasitas mahasiswa.

"Untuk itu Pemprov Riau akan menyiapkan seleksi untuk anak-anak Riau yang memiliki kompetensi akan dikirim ke UTP Malaysia. Pemprov Riau juga akan memberikan beasiswa kepada mereka untuk belajar di negara jiran itu," kata Gubernur Syamsuar dalam keterangannya di Pekanbaru, Senin.

Untuk menindaklanjuti kerja sama itu,bersama Dinas Pendidikan Provinsi Riau akan dibahas secara rinci terkait program-program yang ada. Pihaknya akan fokus pada program teknik, teknologi informasi, dan sain, sehingga diharapkan anak-anak Riau yang kuliah di UTP Malaysia dapat langsung bekerja di Petronas.

"Jadi setelah anak-anak kita menimba ilmu di UTP Malaysia, kita harapkan anak-anak kita langsung dapat bekerja secara profesional di Petronas," katanya.

Baca juga: Riau jajaki kerja sama bidang pendidikan dengan tiga perguruan tinggi

Deputi Vice Chanvellor Academic UTP Malaysia Dr Hilmi mengatakan pihaknya segera menjalin kerja sama dengan Pemprov Riau guna menjaring pelajar-pelajar asal Riau belajar di Malaysia.

"Kita akan membuat pemilihan pelajar-pelajar Riau untuk belajar di tempat kami," katanya.

UTP Malaysia didirikan pada tahun 1997 dan telah berkembang menjadi salah satu universitas swasta terkemuka di Malaysia. UTP menawarkan berbagai program rekayasa, sains dan teknologi yang relevan dengan industri di tingkat sarjana dan pascasarjana guna menghasilkan lulusan yang baik dengan kualitas kepemimpinan dan kemampuan komunikasi yang sangat baik.

UTP adalah universitas swasta pertama dan satu-satunya di Malaysia yang diberi peringkat peringkat bintang 5 di QS StarsTM University Rating System. 

Baca juga: Universitas Riau-PSU Thailand jajaki kerja sama bidang pendidikan

Pewarta: Frislidia
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023