Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur, mengembangkan potensi wisata di Desa Kedungpedaringan, Kecamatan Kepanjen, agar menarik banyak wisatawan.

Bupati Malang M Sanusi di Kabupaten Malang, Jatim, Senin, mengatakan Desa Kedungpedaringan mendapatkan bantuan berupa bibit pohon produksi dari PT Telkom Indonesia (Persero), yang nantinya bisa dimanfaatkan menjadi daya tarik wisata setempat.

"Ini akan menambah destinasi wisata baru. Harapannya, pohon-pohon ini dirawat dan berbuah untuk menjadi daya tarik," kata Sanusi.

Sanusi menjelaskan Desa Kedungpedaringan tersebut mendapatkan bantuan bibit pohon produksi berupa pohon alpukat, durian musang king, dan jambu kristal.

Nantinya, jika pohon-pohon tersebut memasuki masa panen, bisa dijadikan simbol wisata Desa Kedungpedaringan.

Menurutnya, potensi sektor wisata hasil dari pengembangan komoditas buah-buahan tersebut dinilai menjanjikan.

Ia berharap masyarakat dan pemerintah desa yang mendapatkan bantuan bibit pohon produksi itu bisa merawat secara berkelanjutan.

"Nanti, bisa menjadi simbol wisata, ada pasar buah. Minimal ada durian musang king dan alpukat, yang bisa dipasarkan di sini untuk kemakmuran masyarakat," ujarnya.

Ia menambahkan dengan pengelolaan yang baik maka potensi komoditas dari pohon produksi tersebut dinilai akan membangkitkan perekonomian masyarakat setempat. Terlebih, harga durian musang king saat ini cukup tinggi dan diminati masyarakat.

"Ini untuk membangkitkan ekonomi, maka yang ditanam pohon produksi di samping nanti mengeluarkan oksigen, buahnya juga akan bernilai ekonomi yang baik," katanya.

Pemerintah Desa Kedungpedaringan saat ini tengah mengembangkan potensi wisata alam yang dimiliki kawasan tersebut.

Selain menyiapkan sejumlah infrastruktur, nantinya di desa tersebut akan menyajikan sejumlah kegiatan budaya untuk menggerakkan pariwisata.

Sejumlah kegiatan budaya yang diharapkan mampu menarik kunjungan wisatawan ke Desa Kedungpedaringan tersebut adalah kesenian tradisional kuda lumping, bantengan, dan sejumlah kegiatan budaya lainnya.

Telkom Indonesia memberikan bantuan ribuan bibit pohon produksi untuk Desa Kedungpedaringan, yang sebagian ditanam di lokasi wisata yang saat ini dikembangkan pemerintah desa setempat.

General Manajer Telekomunikasi Malang Telkom Indonesia Sonny Hidayat mengatakan pihaknya memberikan dukungan penuh untuk pengembangan destinasi wisata berbasis alam tersebut dan berharap dengan adanya bibit pohon yang diberikan juga mampu memberikan nilai tambah kepada warga setempat.

"Kepala desa menyatakan bahwa Desa Kedungpedaringan merupakan daerah wisata, kami membantu dengan pohon produksi. Ini merupakan kolaborasi yang diharapkan bisa meningkatkan potensi wisata yang ada," katanya.

Wilayah Kabupaten Malang memiliki potensi untuk mengembangkan desa wisata yang didukung dengan potensi alamnya.

Sejumlah desa wisata yang saat ini telah menjadi tujuan wisata utama di wilayah itu antara lain Pujon Kidul dan ekowisata Boonpring Sanankerto.

Baca juga: Daftar destinasi wisata di Malang yang wajib dikunjungi
Baca juga: Pemkab Malang tingkatkan promosi sektor pariwisata berbasis digital
Baca juga: Pemkab Malang dorong pelaku usaha wisata tingkatkan pelayanan


Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023