Kita sangat yakin dan optimistis literasi dan inklusi keuangan syariah di Indonesia akan terus meningkat
Jakarta (ANTARA) - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Friderica Widyasari Dewi optimistis Indonesia Sharia Financial Olympiad (ISFO) 2023 untuk siswa dan mahasiswa dapat meningkatkan literasi keuangan masyarakat.

IFSO 2023 digelar OJK bersama Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI) dan Lembaga Jasa Keuangan (LJK) syariah.

“Saya yakin pada hari ini adalah salah satu bukti bahwa dengan kebersamaan, sinergi dan kolaborasi antara OJK, Bank Indonesia, IAEI, para pelaku usaha jasa keuangan, universitas dan sekolah, kita sangat yakin dan optimis literasi dan inklusi keuangan syariah di Indonesia akan terus meningkat,” kata Friderica dalam pembukaan Final IFSO 2023 di Gedung Dhanapala, Jakarta, Senin.

Baca juga: OJK minta masyarakat tak beli tiket konser dengan utang pinjol

OJK telah menyelenggarakan olimpiade terkait keuangan syariah sejak 2022 yang sebelumnya bernama Cerdas Cermat Keuangan Syariah (CCKS) untuk siswa tingkat SMP dan SMA dimana SMP Kristen Kalam Kudus Jayapura dan SMAN 1 Bantul menjadi juara di setiap tingkat.

Pada tahun 2023, Kantor OJK yang tersebar di seluruh Indonesia telah menyeleksi kembali ratusan sekolah di wilayah kerjanya masing-masing untuk tingkat SMA.

Adapun untuk tingkat Perguruan Tinggi (PT), OJK melakukan penyeleksian nasional yang diikuti oleh ratusan mahasiswa dari masing-masing PT.

Materi pertanyaan dalam olimpiade bersumber dari Buku Seri Literasi Keuangan tingkat SMA dan Perguruan Tinggi serta modul Learning Management System (LMS) Edukasi Keuangan OJK.

Muncul sebagai pemenang dalam babak Final ISFO 2023, yakni MAN Insan Cendikia Batam sebagai Juara 1, SMAN 1 Bantul sebagai Juara 2, dan MAN 2 Kota Malang sebagai Juara 3.

Sedangkan untuk tingkat perguruan tinggi, Universitas Indonesia keluar sebagai pemenang Juara 1, Universitas Gadjah Mada pemenang Juara 2, dan Universitas Negeri Padang pemenang Juara 3.

Sementara kategori supporter dimenangkan oleh SMA N 1 Bantul sebagai juara 1, MAN Insan Cendikia Kota Batam sebagai Juara 2, dan MAN 2 Kota Malang sebagai Juara 3.

Baca juga: OJK berkomitmen perkuat sektor jasa keuangan dan ketahanan nasional

Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023