Menkominfo dijadwalkan resmikan tangga seribu Sumbar

Menkominfo dijadwalkan resmikan tangga seribu Sumbar

Menteri Komunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring (ANTARA/ Ujang Zaelani)

Ya, Menkominfo akan meresmikan Janjang Seribu--dari Panorama Ngarai Sianok hingga Koto Gadang--akhir pekan,"
Padang (ANTARA News) - Menteri Komunikasi dan Informasi Tifatul Sembiring dijadwalkan pada 27 Januari 2013 meresmikan janjang seribu (tangga seribu) di Koto Gadang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

"Ya, Menkominfo akan meresmikan Janjang Seribu--dari Panorama Ngarai Sianok hingga Koto Gadang--akhir pekan," kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno ketika dikonfirmasi di Padang, Jumat.

Janjang Seribu disebut karena jumlah anak tangga banyak seribu, yang berliku-liku menelusuri celah-celah tebing. Pada masa lalu digunakan masyarakat sebagai jalan untuk tempat mengambil air minum ke lembah Ngarai Sianok dan juga sebagai jalan bagi pelajar ke Bukittinggi.

Menurut Gubernur, dibenahinya Janjang Seribu oleh Pemkab Agam tentu akan menjadi daya tarik tersediri terhadap perkembangan sektor pariwisata di daerah ke depannya.

Potensi objek itu, tentu akan menjadi ikon baru bagi wisatawan yang mengunjungi objek wisata Ngarai Sianok di kota wisata Bukittinggi, terutama kalangan wisatawan mancanegara.

"Bagi yang mudah-mudah tentu akan mampu menaiki Janjang Seribu, tentu tinggal bagaimana mengemasnya oleh pemerintah kabupaten setempat untuk banyak pengunjung datang," ujarnya.

Sebelumnya, Gubernur mengingatkan kabupaten dan kota yang ditetapkan sebagai destinasi unggulan provinsi harus benar-benar siap dijual ke wisatawan domestik maupun mancanegara.

"Kami meminta bupati dan wali kota untuk segera melakukan pembenahan," kata Irwan.

Menurut dia, pemerintah provinsi akan memberi dukungan kepada bupati dan wali kota yang serius membenahi objek-objek wisata yang siap untuk dipromosikan.

Masalahnya, kata dia, kalau dipromosikan daerah yang tidak serius dalam pengembangan, tentu dampaknya terhadap citra pariwisata daerah di mata wisatawan.
(KR-SA/D007)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar