Pelayanan angkutan udara jamaah haji merupakan salah satu tugas utama AP I dalam peranannya untuk mendukung program pemerintah...
Jakarta (ANTARA) - PT Angkasa Pura I (Persero) siap mendukung kelancaran Angkutan Udara Jamaah Haji 2023 dengan menyiapkan enam bandara yang akan menjadi bandara embarkasi dan debarkasi.

Enam bandara tersebut, yakni Bandara Adi Soemarmo Solo, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, dan Bandara Zainuddin Abdul Madjid Lombok.

"AP I bersama seluruh instansi dan stakeholder terkait telah berkoordinasi dalam pelayanan penerbangan Angkutan Udara Jamaah Haji di tahun ini dengan mengedepankan prinsip keselamatan, keamanan, dan pelayanan. Kami secara khusus juga memastikan kesiapan infrastruktur bandara pendukung pelayanan angkutan udara jamaah haji selama proses embarkasi dan debarkasi," ujar Direktur Utama AP I Faik Fahmi dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Adapun langkah yang dilakukan, di antaranya melalui penyesuaian jam operasional bandara, penyesuaian kategori fasilitas airport rescue and fire fighting (ARFF) sesuai dengan tipe pesawat terbesar yang digunakan, menyiapkan peralatan keamanan penerbangan di asrama haji serta memastikan kesiapan personel operasional.

AP I juga menyiapkan sebanyak 1.690 personel operasional yang terdiri dari personel ARFF, airport security (avsec), dan personel operasional yang bertugas di area sisi udara. Dari total 1.690 personel, sebanyak 127 personel avsec akan bertugas khusus untuk melaksanakan pemeriksaan barang bawaan dan calon jamaah haji di asrama haji.

Proses pemeriksaan keamanan yang berlokasi di asrama haji tersebut ditujukan untuk kelancaran dan ketepatan proses keberangkatan calon jamaah Haji.

"Pelayanan angkutan udara jamaah haji merupakan salah satu tugas utama AP I dalam peranannya untuk mendukung program pemerintah. Tentunya kami berkomitmen untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik demi mendukung kelancaran perjalanan para calon jamaah haji menuju Tanah Suci," ucap Faik.

Pelaksanaan embarkasi angkutan haji 2023 di bandara yang dikelola AP I dimulai pada 24 Mei hingga 22 Juni 2023 serta pelaksanaan debarkasi akan dimulai pada 4 Juli hingga 3 Agustus 2023.

Direncanakan sebanyak 102.696 calon jamaah haji akan dilayani pada 2023 atau mengalami pertumbuhan sebesar 119 persen dibandingkan dengan 2022 sebanyak 46.881 calon jamaah haji.

Berdasarkan ketetapan dari Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri, AP I akan melayani sebanyak 269 kloter, dengan rincian Bandara Adi Soemarmo Solo melayani 95 kloter, Bandara Juanda Surabaya melayani 84 kloter, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar melayani 41 kloter, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan melayani 20 kloter, Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin melayani 17 kloter, dan Bandara Zainuddin Abdul Madjid Lombok melayani 12 kloter.

Baca juga: AP I layani 5,3 juta penumpang selama April 2023

Baca juga: PT Angkasa Pura I merombak jajaran direksi

 

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023