besok akan ada pelepasan oleh Irjen Kementerian Agama, bersama pj Gubernur Aceh
Banda Aceh (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Aceh menyebut sebanyak 34 orang calon haji (calhaj) asal Aceh memilih tunda keberangkatan ke Tanah Suci pada tahun ini, meski sudah melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih).

Kepala Kantor Kemenag Aceh Azhari di Banda Aceh, Senin, mengatakan kuota haji Aceh tahun 2023 sebanyak 4.378 orang, namun yang akan berangkat sebanyak 3.343 orang, dan tersisa 34 orang kuota yang batal berangkat.

“Yang sisa kuota ini sebenarnya sudah melunasi (Bipih) tapi tidak berangkat, artinya sudah melunasi, berhak berangkat, tapi karena berbagai alasan tidak jadi berangkat,” kata Azhari.

Ia menjelaskan, jamaah yang tidak jadi berangkat tersebut karena berbagai macam kendala, mulai dari faktor kesehatan hingga ada anggota keluarga yang meninggal dunia, sehingga tidak jadi berangkat. Mereka juga diminta memberikan surat pernyataan penundaan keberangkatan.

“Jamaah akan berangkat dalam 12 kloter. Di kloter ke 12 nanti jamaah kita hanya 97 orang, akan tergabung dengan jamaah dari Lombok,” ujar Azhari.

Baca juga: Kemenag: 1.028 calon jamaah haji Aceh tunda keberangkatan tahun 2023
Baca juga: Kemenag distribusi 1.800 koper untuk jamaah calon haji seluruh Aceh


Untuk jamaah kloter pertama, kata dia, mulai masuk asrama pada Selasa (23/5) pagi. Kemudian, akan dilanjutkan dengan pelepasan pada malam hari, dan keberangkatan ke Mekkah melalui Bandara Sultan Iskandar Muda Aceh Besar, pada Rabu (24/5) pagi.

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Aceh juga telah menyiapkan berbagai kebutuhan dalam melayani jamaah selama di asrama, mulai dari lokasi pemeriksaan kesehatan, dokumen, hingga tempat pelayanan khusus jamaah. Apalagi, haji tahun ini mayoritas kelompok lansia.

“Insha Allah setelah shalat isya Selasa (23/5) besok akan ada pelepasan oleh Irjen Kementerian Agama, bersama pj Gubernur Aceh,” ujarnya.

Tahun ini, PPIH Embarkasi Aceh memberangkatkan sebanyak 4.343 jamaah, di antaranya 1.729 orang laki-laki dan 2.614 orang perempuan, dengan jumlah jamaah lansia sebanyak 1.520 orang dengan usia antara 65-100 tahun.

Untuk jamaah calon haji termuda bernama Abizar Al Aqsha berusia 18 tahun asal Kabupaten Bireuen, sementara jamaah tertua bernama Muhammad Taher Abdussalam berusia 100 tahun asal Kabupaten Gayo Lues.

“Aceh tahun ini mendapatkan berkah, jamaah ditempatkan pada lokasi yang dekat dengan Masjidil Haram. Jamaah bisa jalan kaki ke Masjidil Haram,” ujar Azhari.

Baca juga: Kemenag alihkan 24 ribu kuota jamaah haji yang belum bayar BIPIH
Baca juga: Sebanyak 768 mukimin dilibatkan dalam pelayanan jamaah haji 2023
Baca juga: Wakil Ketua MPR ingatkan jamaah haji jaga hati hingga nama baik bangsa

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023