... didakwa melanggar hukum imigrasi kami dan mereka akan dideportasi... "
Manila (ANTARA News) - Otoritas Filipina menangkap 17 warga negara China yang dicari karena penipuan internet dan kejahatan dunia maya di China, kata seorang pejabat senior Filipina, Jumat. Banyak penjahat seperti ini adalah warga negara China, mereka beraksi di seluruh dunia.

Komisaris Biro Imigrasi Filipina, Ricardo David Jr, mengatakan, buronan asing itu, 15 di antaranya perempuan, ditangkap di Makati City, Metro Manila, Senin lalu,  dalam operasi unit pencarian buronan imigrasi.

Dia mengatakan, para agen menangkap para buronan itu di dalam unit kondominium mereka pada operasi seharian di kompleks Lapangan Manhattan di sepanjang Jalan San Agustin, Salcedo, Makati City.

"Semua dari mereka tidak bisa menunjukkan paspor dan dokumen perjalanan mereka, sehingga kami akan mendeportasi mereka karena sebagai orang asing tak berdokumen dan melewati batas waktu," kata David Jr.

Pejabat Kepala Biro Imigrasi, Antonette Mangrobang, mengatakan, kantornya bekerja sama intensif untuk pengintaian terhadap rumah orang-orang asing itu selama selama beberapa hari sebelum mereka ditangkap.

Mangrobang mengatakan, kedutaan China telah meminta deportasi segera atas para buronan itu sehingga mereka bisa menghadapi tuntutan pidana di negaranya.

"Para orang asing itu didakwa melanggar hukum imigrasi kami dan mereka akan dideportasi setelah dewan komisaris Biro Imigrasi mengeluarkan perintah untuk mendeportasi mereka," tambahnya.

(H-AK)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013