Kuala Lumpur (ANTARA) - PT Bogor Life Science and Technology (BLST), perusahaan induk IPB University (IPB Holding Company) menjalin kerja sama di bidang inovasi dan bisnis dengan Universiti Teknologi Malaysia (UTM) Holdings Sdn. Bhd. (UTM Holdings).

Direktur Utama PT BLST Naufal Mahfudz dalam keterangan pers diterima di Kuala Lumpur, Selasa, mengatakan maksud dilakukan kerja sama itu untuk memfasilitasi komunikasi, diskusi, saling memberi informasi, melakukan kajian untuk dapat digunakan sebagai pedoman perencanaan persiapan pelaksanaan kerja sama inovasi dan bisnis, serta membangun kemitraan strategis sesuai dengan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik.

"Ke depan diharapkan jalinan kerja sama ini dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak termasuk masyarakat secara luas dari kedua negara jiran tersebut," katanya.

Selain itu, ia mengatakan kerja sama juga bertujuan untuk melaksanakan pengembangan bisnis yang telah dimiliki atau akan dikembangkan bersama oleh kedua belah pihak.

Kerja sama ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara pihaknya dengan Chief Executive Officer (CEO) UTM Holdings Ahmad Kamil Khusairi pada Kamis (18/5), di UTM Holdings Corporate Office, Kuala Lumpur.

Sementara itu, Ahmad Kamil mengatakan kolaborasi dua perusahaan milik perguruan tinggi negeri itu bertujuan meningkatkan inovasi bidang usaha berdasarkan riset dan teknologi dalam arti luas serta pemanfaatan keahlian termasuk dalam pemasaran, alih pengetahuan, investasi, dan pengembangan proyek bersama.

IPB Holding Company memiliki beberapa lini bisnis yaitu produk biomedis, produksi vaksin hewan, benih pertanian, produk makanan dan minuman, produk alami dan sehat, pembiayaan syariah, MICE, hotel, pusat perbelanjaan, jasa konsultan, pelatihan bersertifikat, penerbitan, percetakan dan toko buku.

Sedangkan UTM Holdings mempunyai lini bisnis antara lain manajemen properti dan fasilitas, perhotelan, pengembangan manajemen proyek, tanaman bernilai tinggi, platform teknologi dan digital, perdagangan dan jasa.

Pada Rabu (17/5), anak perusahaan di bawah IPB Holding Company yaitu PT Penerbit IPB Press juga telah menandatangani kesepakatan naskah nota kesepahaman dengan UTM Press dalam kolaborasi bidang pemasaran buku digital yang diterbitkan kedua belah pihak.

Kerja sama ditandai dengan penandatanganan MoU oleh Direktur PT Penerbit IPB Press, Erick Wahyudyono, dan Direktur Penerbit UTM Press Siti Rahmah di Kampus UTM Skudai, Johor Bahru, Malaysia.

Baca juga: IPB University hadirkan akademisi FKH dari Malaysia dan Thailand
Baca juga: IPB-Universitas Sains Malaysia berkolaborasi di bidang kemaritiman
Baca juga: IPB-UTM Malaysia jalin kerja sama perkebunan


Pewarta: Virna P Setyorini
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023