Pada kloter 1 merupakan jamaah calon haji (JCH) asal Provinsi Kepri
Batam, Kepri (ANTARA) - Sebanyak 374 calon haji yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) pertama mulai masuk asrama haji Embarkasi Hang Nadim Batam, Provinsi Kepulauan Riau untuk mempersiapkan keberangkatan ke Tanah Suci pada Rabu (24/5) pagi.

Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Hang Nadim Batam, Muhammad Syafii di Batam, Selasa mengatakan pada kloter 1 merupakan jamaah calon haji (JCH) asal Provinsi Kepri.

"Kloter 1 sudah datang dan lengkap. Jamaah Kabupaten Natuna sudah datang dari Sabtu sebanyak 101 jamaah. Kemudian hari Senin dari Kabupaten Anambas 48 jamaah dan Kabupaten Lingga 41 jamaah. Dan hari ini dari Kota Batam 24 jamaah, Kabupaten Karimun 149 jamaah," kata Syafii.

Adapun 374 calon haji yang akan diberangkatkan terdiri atas 369 calon haji, 3 orang Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI), 1 orang Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI), dan 1 orang Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI).

"Di setiap kloter kita sudah ada petugas 5 orang petugas, terdiri dari ketua kloter, pembimbing ibadah, petugas kesehatan 3 orang ada 1 dokter dan 2 perawat," kata dia.

Ia menjelaskan pelepasan JCH kloter pertama Embarkasi Hang Nadim Batam akan dilakukan oleh Gubernur Kepri pada 24 Mei 2023 pukul 03.00 WIB.

Jamaah mulai berdatangan ke asrama haji Embarkasi Aceh sejak Selasa, pagi. Jamaah langsung mengikuti pemeriksaan kesehatan, pembagian kartu kamar di asrama haji dan biaya hidup (living cost), pengambilan paspor, serta pemakaian gelang.

Embarkasi Hang Nadim Batam siap melayani calon jamaah haji dari empat provinsi di Indonesia, di antaranya Kalimantan Barat, Kepri, Riau dan Jambi.

"Embarkasi Batam melayani sekitar 11 ribu lebih jamaah. Yang masuk asrama Kepri dan Kalbar. Jambi dan Riau Embarkasi Antara tidak masuk asrama," demikian Muhammad Syafii.

Baca juga: DPR RI menilai Embarkasi Batam siap mendukung pelaksanaan Haji 2023

Baca juga: BPIH 2023 Embarkasi Hang Nadim Batam Rp87,6 juta

Baca juga: Pj Gubernur meminta jemaah haji yang hendak menunaikan ibadah haji untuk mendoakan Kepri Sejahtera

Baca juga: Embarkasi Batam menerapkan one stop service untuk JCH Kepri-Kalbar

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023