Kairo (ANTARA News) - Dewan Pertahanan Nasional Mesir yang dipimpin Presiden Mohamed Moursi, Sabtu, menyeru agar masyarakat tenang dan melakukan dialog nasional, sementara bentrokan masih terus berlangsung.

Dalam satu pernyataan yang dibacakan di televisi oleh Menteri Informasi, Salah Abdel Maqsud, dewan itu menyeru dilakukan dialog dengan "tokoh-tokoh nasional yang independen" untuk menyelesaikan perbedaan-perbedaan politik dan menyetujui satu mekanisme bagi pemilu parlemen mendatang.

Dewan itu juga mengutuk aksi kekerasan yang menewaskan hampir 40 orang dalam dua hari bentrokan di beberapa bagian negara itu, dan menyerukan kekuatan-kekuatan politik agar "menyatakan pendapat mereka secara damai".

Sembilan orang tewas pada Jumat ketika para warga Mesir turun ke jalan-jalan untuk menuntut perubahan pada ulang tahun kedua pemberontakan rakyat yang telah menggulingkan orang kuat Hosni Mubarak.

Pada Sabtu , setidaknya 30 orang tewas di kota Port Said setelah satu pengadilan memutuskan hukum mati pada 21 pendukung satu kesebelasan lokal karena terlibat kerusuhan pasca-pertandingan sepak bola tahun lalu di kota itu.

(H-RN/F001)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013