Malam hari ini kami berangkatkan gelombang pertama jamaah calon haji Embarkasi Jakarta sebanyak 385 orang dari Jakarta Selatan dan Alhamdulillah sudah melakukan cek kesehatan dan sudah siap diberangkatkan
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Agama (Kemenag) RI memberangkatkan 393 calon jamaah haji kloter pertama dari Embarkasi Jakarta pada Selasa malam (23/5).
 
"Malam hari ini kami berangkatkan gelombang pertama jamaah calon haji Embarkasi Jakarta sebanyak 385 orang dari Jakarta Selatan dan Alhamdulillah sudah melakukan cek kesehatan dan sudah siap diberangkatkan," kata Direktur Jenderal (Dirjen) Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kemenag RI Hilman Latief saat ditemui di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Selasa.
 
Hilman mengatakan jamaah calon haji akan dipertemukan dengan jamaah lainnya di Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta) dan akan dilepas secara nasional.
 
Dia menyebutkan pada kloter ini terdapat jamaah calon haji tertua dengan usia 82 tahun serta jamaah calon haji termuda dengan usia 24 tahun dan 14 calon jamaah haji yang menggunakan kursi roda.

Baca juga: PPIH Embarkasi Jakarta siapkan pemindai untuk cek bawaan calon haji
 
"Sebagaimana tahun ini kami membuat layanan dengan tema haji ramah lansia, maka kami siapkan betul agar pendampingannya juga maksimal," ujar Hilman.
 
Dia menambahkan para jamaah calon haji yang berangkat malam ini akan langsung menuju Madinah, Arab Saudi, untuk istirahat terlebih dahulu dan bisa mulai berziarah ke tempat-tempat seperti Makam Rasulullah, Masjid Nabawi, dan tempat lainnya di sekitar Madinah.
 
Berdasarkan data yang diperoleh, 393 orang yang diberangkatkan terdiri atas 385 calon jamaah haji dengan rincian 165 laki-laki dan 220 perempuan serta 8 petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH). Para jamaah calon haji diberangkatkan menggunakan 10 bus yang telah disediakan.

Jamaah calon haji tersebut dijadwalkan untuk terbang pada pukul 00.30 WIB menggunakan pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA7301.

Baca juga: Garuda Indonesia pastikan kesiapan penerbangan haji ramah lansia

 

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023