Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah unggahan video di YouTube menarasikan Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) mencoret Israel dari daftar peserta Piala Dunia U-20.

Unggahan yang terbit pada 21 Mei 2023 itu menarasikan pula bahwa FIFA menyetujui Argentina sebagai tuan rumah untuk pertandingan-pertandingan awal.

Sementara, Indonesia akan menjadi tuan rumah pada laga final Piala Dunia U-20. Pertandingan final itu akan digelar di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:
“AKHIRNYA FIFA CORET ISRAEL!! FIFA TUNJUK INDONESIA DAN ARGENTINA TUAN RUMAH BERSAMA”

Namun, benarkah FIFA menyetujui pertandingan final Piala Dunia U-20 diselenggarakan di Jakarta?

Unggahan video hoaks yang menyatakan Indonesia akan menjadi tuan rumah di final Piala Dunia U-20. Faktanya, isi video tersebut tidak sesuai dengan klaim pada judul. (YouTube)
Penjelasan:
Dilansir dari laman resmi FIFA, Argentina akan menjadi satu-satunya tuan rumah sejak babak penyisihan pada 20 Mei 2023 hingga pertandingan final pada 11 Juni 2023.

Jadwal dan hasil perolehan skor pertandingan dapat dilihat di laman resmi FIFA

Dari laman itu, tim Israel tampak masih menjadi peserta Piala Dunia U-20 dan tidak dicoret seperti klaim pada unggahan di YouTube.

Sementara, isi video berdurasi tiga menit di YouTube tidak memuat informasi jelas mengenai penyelenggaraan final Piala Dunia U-20 di Jakarta.

Klaim: FIFA setujui final Piala Dunia U-20 digelar di Jakarta
Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks! Anies sukses bujuk FIFA coret Israel

Cek fakta: Hoaks! Video Presiden FIFA pastikan Indonesia ikut Piala Dunia U-20

Baca juga: Piala Dunia U20: Italia kalahkan Brasil, Jepang menang atas Senegal

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2023