Perusahaan-perusahaan di sektor energi bersih (clean energy) cukup berpotensi menarik para investor tahun ini.
Jakarta (ANTARA) - Direktur Utama Sucor Sekuritas Bernadus Wijaya mengatakan, perusahaan-perusahaan yang bergerak di sektor energi bersih (clean energy) cukup berpotensi menarik para investor tahun ini.

Ia menyebutkan salah satunya yaitu perusahaan di industri Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) atau Electrical Vehicle (EV).

“Perusahaan yang sektornya cukup menarik untuk diperhatikan di Indonesia, pertama adalah tentu saja kaitannya dengan clean energy. Clean energy ini terus digaung-gaungkan di berbagai belahan dunia untuk diterapkan berbagai negara, salah satunya adalah EV. Lalu perusahaan yang berkaitan dengan EV, seperti perusahaan nikel dan lain sebagainya sekarang menjadi sesuatu yang menarik,” kata Bernadus Wijaya, di Jakarta, Selasa.

Kemudian selain industri KBLBB, menurut Bernadus, industri pengolahan limbah juga menjadi salah satu peluang bisnis yang cukup potensial untuk menarik para investor seiring diimplementasikannya kredit karbon (carbon credit) di Indonesia.

Lebih lanjut, sektor ritel juga merupakan sektor UKM yang juga tak kalah menarik untuk para investor dengan catatan, perusahaan tersebut memiliki pertumbuhan yang baik serta bottomline yang positif.

Senada dengan Bernadus, Direktur Utama ICX Romario Sumargo menilai sektor KBLBB menjadi perusahaan yang banyak dilirik investor tahun ini, mengingat tengah digencarkannya upaya untuk menghindari perubahan iklim di seluruh dunia.

Romario menambahkan, industri Artificial Intellegence (AI) juga mempunyai potensi untuk mencapai profitabilitas mengikuti semakin berkembangnya fitur teknologi dalam memudahkan kegiatan manusia sehari-hari.

“Dan juga AI ya belakang ini, cuma kita harus cek apakah ini benar-benar AI, atau cuman AI asal-asalan saja. Karena at the end, kita juga perlu untuk lihat fungsinya sendiri seberapa membantu sih ke user gitu,” ujarnya pula.

Hal itu, ia sampaikan dalam acara kolaborasi antara ICX dan Sucor Sekuritas yang bertajuk "How to Elevate Your Investment Game" di Jakarta pada Selasa.
Baca juga: Perusahaan energi bersih China pamerkan inovasi di ajang CES 2023
Baca juga: Perusahaan dunia bangun proyek energi bersih di Kepri


Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023