Jakarta (ANTARA) - Beragam berita politik telah diwartakan Kantor Berita ANTARA sepanjang Selasa (23/5) kemarin, mulai dari Presiden Jokowi menerima kunjungan kenegaraan Presiden Iran Ebrahim Raisi hingga Gibran Rakabuming Raka menepis isu soal dirinya yang tengah bermanuver politik.

Berikut pilihan berita politik sepanjang Selasa (23/5) yang patut Anda simak kembali untuk memulai hari:

1. Jokowi terima kunjungan kenegaraan Presiden Iran di Istana Bogor

Presiden Joko Widodo menyambut kunjungan kenegaraan Presiden Republik Islam Iran Seyyed Ebrahim Raisi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa.

Presiden Ebrahim Raisi bersama delegasi tiba di Istana Bogor sekitar pukul 10.30 WIB, diiringi Pasukan Nusantara, Pasukan Berkuda, dan Korps Musik Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Usai disambut oleh Presiden Jokowi, prosesi penyambutan kemudian dilanjutkan dengan upacara penyambutan dengan diperdengarkannya lagu kebangsaan kedua negara dan diiringi dentuman meriam sebanyak 21 kali.

Selengkapnya baca di sini.

2. Wapres Ma'ruf: Media harus dapat beradaptasi di tengah serbuan konten

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyebut media massa khususnya di bidang penyiaran harus dapat beradaptasi di tengah serbuan konten agar dapat bertahan.

"Kemampuan media untuk beradaptasi di tengah persaingan super ketat dan serbuan konten yang dapat memicu kejemuan, menentukan keberlangsungan media tersebut," kata Wapres Ma'ruf Amin di Nusa Dua, Bali, Selasa.

Selengkapnya baca di sini.

3. Pertemuan Jokowi-Ebrahim Raisi akan sepakati 10 kerja sama

Presiden Joko Widodo dan Presiden Iran Seyyed Ebrahim Raisi direncanakan untuk menandatangani sedikitnya 10 kerja sama kedua negara dalam pertemuan di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa.

Berdasarkan informasi yang disampaikan pembawa acara tayangan langsung penyambutan Presiden Iran Seyyed Ebrahim Raisi di Youtube Sekretariat Presiden, yang dipantau Selasa, 10 kerja sama itu antara lain kerja sama perdagangan preferensial, kerja sama iptek dan inovasi, kerja sama pembebasan visa bagi pemegang paspor diplomatik dan paspor dinas.

Selain itu juga kerja sama jaminan produk halal, kerja sama bea cukai, kerja sama pengobatan farmasi, biologis dan tradisional serta kosmetik dan produk makanan, kerja sama pemberantasan peredaran gelap narkotika dan juga kerja sama pertukaran kebudayaan.

Selengkapnya baca di sini.

4. Syarif Fasha ajukan pengunduran diri dari Wali Kota Jambi

Wali Kota Jambi Syarif Fasha secara resmi telah mengajukan surat pengunduran diri sebagai Walikota Jambi.

Syarif Fasha di Jambi, Senin, mengatakan surat pengunduran diri tersebut telah disampaikan pada 9 Mei 2023, ditujukan kepada Gubernur Provinsi Jambi untuk diserahkan ke Mendagri, juga diberitahukan ke KPU Kota Jambi, KPU Provinsi Jambi dan DPRD Kota Jambi.

"Surat permohonan mundur diri itu sudah saya ajukan sebelum pendaftaran ke KPU, dan saat ini sedang di proses karena masih di konsultasikan dulu ke Kementerian Dalam Negeri," katanya.

Selengkapnya baca di sini.

5. Gibran tegaskan tidak lakukan manuver politik

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menegaskan bahwa dirinya tidak melakukan manuver politik jelang Pemilihan Presiden 2024.

"Saya tidak bermanuver, saya itu tidak di struktur partai, saya cuma kader biasa, saya masih kader partai, saya tidak punya pasukan. Manuver apa?" katanya kepada awak media di Solo, Jawa Tengah, Selasa.

Gibran juga meminta agar pihak manapun tidak perlu panik, termasuk ketika dirinya bertemu dengan pejabat publik.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023