London (ANTARA News) - Klub "tier" tiga Oldham Athletic tidak akan melupakan hari sukacita mereka ketika "membunuh" juara tujuh kali Liverpool 3-2 di kandang, Minggu, saat menorehkan kejutan pada putaran keempat kompetisi Piala FA dengan menghenyakkan klub Liga Utama itu.

Tim Liga 1 itu, yang menghentikan pekerjaan tiga staf mereka untuk mengurangi pengeluaran dana pada bulan lalu, selanjutnya akan bertemu dengan Everton di Boundary Park pada laga putaran kelima.

Tottenham Hotspur merupakan tim dari kasta tertinggi liga Inggris yang kandas, setelah kalah 1-2 atas tim divisi dua (Championship) Leed United, yang selanjutnya harus berkunjung ke kandang juata 2011, Manchester City.

Penyandang gelar Chelsea juga mengalami kejutan besar, ketika dihadang tim "tier" tiga Brentford, sampai akhirnya striker Fernando Torres mencetak gol menit akhir untuk menyamakan kedudukan menjadi 2-2 dan keduanya bertemu lagi pada laga ulang di Stamford Bridge.

Kekalahan yang diderita finalis musim lalu Liverpool dan Spurs menambah korban yang menerpa tim dari Liga Utama -- atas tim lebih rendah -- dalam kompetisi 32 besar, sehingga menjadi lima klub, setelah sebelumnya yang dialami Norwich City, Queens Park Rangers dan Aston Villa.

Norwich mengalami nasib memalukan menjadi tim kasta tertinggi yang kalah atas tim liga monir dalam 24 tahun ini, ketika mereka kecolongan 0-1 di kandang atas Luton Town pada laga Sabtu.

Oldham, berada pada urutan ke-19 dalam kompetisi Liga 1, membuat pendukungnya bersorak-sorai ketika memimpin laga lewat gebrakan Matt Smith pada menit kedua.

di lapangan yang harus dibersihkan karena tumpukan salju, Luis Suarez berhasil menyamakan kedudukan tetapi gol kedua Smith serta yang ketiga dari pemain sewaan Reece Wabara,membuat kedudukan menjadi 3-1 ketika pertandingan berlangsung 48 menit.

Sentakan yang dilakukan Joe Allen ketika laga tinggal 10 menit lagi, membuat harapan Liverpool terbuka lagi, sedangkan tekanan lawan menurun, tapi tendangan panjang yang dilakukan Steven Gerrard hanya membentur tiang gawang dengan keras.

"Permainan amat tegang pada momen itu. Saya bangga dan amat gembira dengan kemenangan dan dukungan hebat dari penonton. Mereka sudah lama menunggu kemenangan ini," kata pelatih Oldham Paul Dickov kepada BBC Radio 5 yang menyiarkan langsung pertandingan itu.

"Saya orang yang beruntung dalamkarir saya dan momen ini amat khusus bagi kami," katanya.

Matnan striker Skotlandia, Dickov, berada di Oldham sejak 2010 setelah sebelumnya bergabung dengan Manchester City, Leicester City dan Blackburn Rovers.
(A008)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013