Jakarta (ANTARA) - Pebalap World Superbike (WSBK) Andrea Locatelli memperpanjang kontraknya bersama tim Pata Yamaha Prometeon hingga musim 2025.

Locatelli mengatakan keputusan tersebut dilatarbelakangi hubungan dekatnya dengan para personel di tim, serta tren positif yang ditunjukkan olehnya serta motor rakitan Yamaha di WSBK musim 2023 ini.

"Tujuan saya adalah untuk melanjutkan perjalanan saya dengan Yamaha, jadi saya sangat senang telah menandatangani kontrak untuk dua tahun mendatang. Salah satu hal terbaik tentang Yamaha adalah orang-orang yang percaya pada saya, mulai dari manajer hingga insinyur dan teknisi yang bekerja keras memberikan saya motor terbaik mereka," kata Locatelli, dikutip dari keterangan resmi WSBK, Rabu.

"Bersama-sama kami telah mencapai beberapa hasil yang baik tetapi, yang lebih penting, kami telah berjalan berdampingan di jalur yang membuat saya merasa semakin percaya diri," imbuh pebalap berusia 26 tahun itu.

Lebih lanjut, Locatelli mengatakan ia dan Yamaha masih memiliki banyak ruang untuk mengembangkan diri bersama-sama di atas trek balap WSBK. Ia berharap capaian positifnya bersama tim bisa terus dipertahankan hingga dua musim mendatang.

"Kami masih memiliki ruang untuk perbaikan di banyak bidang, tapi saya benar-benar percaya bahwa dengan hubungan yang baik kita akan tumbuh lebih kuat bersama. Jika konsistensi adalah kunci seperti yang mereka katakan, maka menurut saya dengan perpanjangan ini, kami telah meletakkan dasar untuk masa depan yang cerah," ujar dia.

Baca juga: Bautista perpanjang kontrak dengan Ducati untuk WSBK

Manajer Road Racing Yamaha Motor Europe Andrea Dosoli pun mengaku senang dengan keputusan Locatelli. Menurutnya, hal ini senada dengan visi perusahaan untuk menjalin hubungan jangka panjang dengan para pebalapnya.

"Perjalanan kami dengan Andrea dimulai pada tahun 2020 ketika dia mendominasi WSSP di atas Yamaha R6 kami, tapi penampilannya di tahun 2021, saat kami memindahkannya ke WSBK pun sama mengesankannya. Ia menyelesaikan musim keempat dan keluar sebagai rookie terbaik tahun itu," ujar Dosoli.

"Kami telah melihat Andrea matang sebagai pebalap, terus berkembang ke titik di mana dia sekarang menjadi salah satu yang terkuat di klasemen kejuaraan. Dia telah menunjukkan dirinya mampu membuat keputusan teknis yang terinformasi selama pengujian, sementara tekadnya dalam balapan pendek diimbangi dengan manajemen cerdasnya dalam balapan fitur yang lebih lama," imbuhnya.

Masih belum ada bocoran siapa yang akan menjadi mitra Locatelli di trek WSBK, mengingat rekannya, Toprak Razgatlioglu, memutuskan untuk hengkang dari Yamaha dan pindah ke Rokit BMW Motorrad pada 2024.

Baca juga: Tinggalkan Yamaha, Razgatlioglu akan gabung BMW Motorrad di WSBK 2024

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023