Medan (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) menjalin kerja sama dengan 33 SMA di kabupaten Kampar Provinsi Riau melalui Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) sebagai upaya meningkatkan kualitas pendidikan.

Rektor UMSU Prof. Agussani di Medan, Rabu mengatakan kerja sama itu terjalin dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan dan menjadi bagian dari program yang telah disusun. Alumni SMA Negeri di Riau juga telah banyak berkunjung dan menjadi mahasiswa di UMSU.

Prof. Agussani mengatakan UMSU siap melakukan kerja sama dengan seluruh Kepala sekolah di Indonesia untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

"Kami sangat bangga dengan kedatangan Kepala sekolah dari kabupaten Kampar dan kami berharap ada masukan atau kritikan terkait kegiatan pendidikan. Hal ini sejalan dengan program kami dalam membangun kualitas akademik," katanya.

Pada kesempatan tersebut, Prof. Agussani memperkenalkan bahwa UMSU telah menjadi satu-satunya perguruan tinggi di Sumatera yang terakreditas Unggul, mendapatkan bintang 4 dari lembaga pemeringkatan Internasional QS Stars World University Rangkings, serta terekognisi MQA, lembaga akreditasi Malaysia.

Tidak hanya institusinya saja, tapi terdapat sembilan program studi yang terakreditasi unggul, sehingga menempatkan UMSU sebagai PTS terbaik di Sumatera versi pemeringkatan LLDikti.

Dijelaskan dia, akreditasi perguruan tinggi menjadi pertimbangan penting bagi siswa dalam melanjutkan pendidikan.

"Alhamdulillah, semua mahasiswa kami yang berprestasi kita berikan beasiswa dan semua prestasi sangat dihargai. Kami berharap kerja sama yang terjalin dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan ini dapat ditindaklanjuti melalui pertemuan-pertemuan secara berkala," katanya.


Sementara Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) kabupaten Kampar Bujang, S.S., M.Pd merasa bangga bisa berkunjung dan bekerja sama dengan UMSU.

"Saya rasa di Riau tidak ada kampus semewah UMSU. Ini kebanggaan bagi kami karena disambut dengan meriah. Kami sangat bangga. Kami sarankan UMSU juga bisa bekerjasama dengan Pemprov Riau," katanya.

Baca juga: 19 mahasiswa UMSU ikut KKN internasional di Malaysia

Baca juga: 31 praktisi perusahaan terkemuka jadi dosen UMSU


Baca juga: UMSU intensifkan program internasional dengan kampus di kawasan ASEAN

Pewarta: Juraidi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023