Balikpapan (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Balikpapan mendeteksi adanya 22 titik panas yang tersebar di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), sehingga semua pihak diminta waspada agar jumlah titik panas tidak bertambah.

"Sebanyak 22 titik panas ini hasil pemantauan sepanjang Selasa (23/5) mulai pukul 01.00 hingga 24.00 Wita," ujar Koordinator Bidang Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan BMKG Balikpapan Diyan Novrida di Balikpapan, Rabu.

Titik panas merupakan indikator kebakaran hutan atau lahan yang terdeteksi dari suatu lokasi yang memiliki suhu relatif tinggi dibandingkan suhu di sekitarnya.

Baca juga: Titik panas di Kaltim turun jadi 6 lokasi

Sebaran ke-22 titik panas ini sudah diinformasikan ke pihak terkait, termasuk ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat agar mendapat tindakan lebih lanjut.

Empat hari sebelumnya, Sabtu (20/5) pihaknya juga mendeteksi lima titik panas di Kaltim, namun titik panas tersebut sudah padam setelah dilakukan penanganan oleh pihak terkait dan adanya hujan.

Sebenarnya, kata Diyan, saat ini masih musim hujan, namun di sejumlah kawasan ada yang mengalami hari tanpa hujan dalam beberapa hari. Oleh karena itu, ia mengimbau semua pihak selalu waspada dan saling menjaga agar tidak terjadi kebakaran hutan maupun lahan.

Sedangkan 22 titik panas yang terpantau sepanjang Selasa (23/5), merupakan titik panas baru yang muncul di lokasi berbeda dengan titik koordinat yang berbeda dari hari sebelumnya.

Ia mengatakan 22 titik panas tersebut, tersebar di empat kabupaten, yakni di Kutai Kartanegara ada tiga titik, Kutai Timur terdapat 13 titik, Berau dua titik, dan di Kabupaten Paser ada tiga titik.

Baca juga: BMKG deteksi 45 titik panas di Kalimantan Timur

Baca juga: Warga diminta waspada, BMKG deteksi 15 titik panas di Kaltim


Rincian per kabupaten adalah Kutai Kartanegara tersebar hanya di satu kecamatan, yakni Loa Kulu dengan tingkat kepercayaan menengah.

Kabupaten Kutai Timur terdapat 13 titik, tersebar di empat kecamatan, yakni Sangatta Utara empat titik, Bengalon lima titik, Kaubun tiga titik, dan Kecamatan Long Mesengat satu titik, semuanya memiliki tingkat kepercayaan menengah.

Di Berau yang terdeteksi tiga titik, tersebar di dua kecamatan, yakni Kecamatan Sambaliung dua titik dan Kecamatan Talisayan satu titik, ketiganya memiliki tingkat kepercayaan menengah.

"Untuk Kabupaten Paser terdapat tiga titik, tersebar pada di kecamatan, yakni Kecamatan Muara Samu ada dua titik dan Kecamatan Pasir Belengkong satu titik, ketiganya juga memiliki tingkat kepercayaan menengah," katanya.

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023