Melalui event ini diharapkan dapat memberikan informasi mengenai pengembangan Kota Cerdas dan IKN bagi para stakeholder pembangunan smart city untuk berinvestasi di Tanah Air
Jakarta (ANTARA) - Perhimpunan Indonesia-Tiongkok (INTI) berkolaborasi dengan Kadin Indonesia Komite Tiongkok (KIKT) menggelar Indonesia-China Smart City Technology & Investment Expo 2023 sebagai salah satu upaya untuk mengakselerasi program pemerintah menuju 100 Kota Cerdas dan pembangunan Ibu Kota Nusantara.

“Melalui event ini diharapkan dapat memberikan informasi mengenai pengembangan Kota Cerdas dan IKN bagi para stakeholder pembangunan smart city untuk berinvestasi di Tanah Air dan membuka peluang bagi para pelaku industri lokal terkait di pasar internasional,” kata Ketua Panitia Indonesia-China Smart City Technology & Investment Expo 2023 Ben Yura Rimba saat menyampaikan sambutan di Jakarta, Rabu.

Ben menuturkan hampir 50 perusahaan berpartisipasi dalam expo yang berlangsung dari 24-26 Mei ini. Sebagian besar perusahaan yang terlibat adalah perusahaan manufaktur berteknologi tinggi dari Provinsi Guangdong, China yang telah memiliki konsep maju dan teknologi matang dalam pembangunan kota pintar.

“Bahkan ada yang sudah mengakar di Indonesia selama bertahun-tahun, dengan benar-benar yakin bahwa pasar Indonesia adalah pasar yang menjanjikan. Bagi perusahaan, expo ini adalah jembatan bagi mereka untuk melangkah ke dunia,” ucapnya.

Ketua Kadin Indonesia Komite Tiongkok (KIKT), Garibaldi Thohir berharap gelaran tersebut dapat menjadi sarana bertukar informasi, edukasi, dan promosi serta memberikan peluang untuk mendapatkan mitra terbaik dalam pengembangan smart city di Indonesia.

“Kami mengundang perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam pengembangan smart city, khususnya perusahaan asal China yang memiliki pengalaman dalam pengembangan teknologi dan inovasi digital berbasis internet yang menjadi backbone dalam pengembangan smart city, Kami berharap event ini dapat semakin memperkuat kerja sama Indonesia-China di bidang teknologi,” tuturnya.

Senada, Ketua Umum INTI Teddy Sugianto menyatakan, pembangunan smart city akan menjadi tren ke depan di kota-kota Indonesia. Melalui event Indonesia-China Smart City Technology & Investment Expo 2023 tersebut diharapkan bisa menjadi faktor pendorong masuknya investasi di Indonesia.

“Sebagai organisasi kebangsaan, INTI tetap setia dan berkomitmen untuk ikut membantu pemulihan serta kebangkitan ekonomi nasional pasca pandemi. Kami berharap bahwa event ini akan menjadi faktor pendorong masuknya investasi di Indonesia," ujarnya.


Baca juga: Pembangunan IKN berkonsep kota hutan, kota spons, dan kota cerdas
Baca juga: Indonesia-China Smart City 2023 dukung pengembangan kota pintar RI
Baca juga: IKN buka kesempatan penyedia teknologi kembangkan kota cerdas


Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023