Kerja sama ini merupakan upaya kita untuk memperkuat program pengembangan SDM dan penguatan tata kelola perikanan
Jakarta (ANTARA) - Badan Riset dan SDM Kelautan dan Perikanan (BRSDM) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bekerja sama dengan Michigan State University (MSU), Amerika Serikat, dalam upaya pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan penguatan tata kelola perikanan.

"Kerja sama ini merupakan upaya kita untuk memperkuat program pengembangan SDM dan penguatan tata kelola perikanan," ujar Kepala BRSDM I Nyoman Radiarta dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Rabu.

Lebih lanjut, Nyoman menjelaskan ruang lingkup kerja sama yang akan dilaksanakan oleh kedua lembaga meliputi enam area.

Pertama, kerja sama akademik, seperti beasiswa program sarjana, pertukaran dosen, mahasiswa, dan staf akademik, serta program pelatihan.

Kedua, manajemen pendidikan dan teknologi untuk menciptakan suasana belajar yang nyaman dan kondusif.

Ketiga, pengelolaan perikanan berbasis masyarakat untuk perikanan berkelanjutan dengan teknologi inovatif dan ramah lingkungan.

Keempat, pengembangan kurikulum dan modul akademik yang menjawab kebutuhan industri perikanan untuk lulusan yang terampil, berdaya saing dan berwawasan lingkungan.

Kelima, berbagi pengetahuan dan pertukaran informasi dan pengalaman dalam model kemitraan terpadu dengan entitas swasta, badan usaha dan pemangku kepentingan lainnya.

Dan, keenam, area kerja sama lainnya yang disepakati bersama oleh para pihak.

"Sebagai dua lembaga yang memiliki komitmen dalam pengembangan perikanan berbasis masyarakat, BRSDM dan MSU sepakat untuk bermitra dalam hal pengembangan metode pendidikan, training dan penyuluhan masyarakat perikanan," terang Nyoman.

Kerja sama KKP dengan MSU sejalan dengan visi pengembangan SDM sesuai arahan Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono.

Sebelumnya, Menteri juga mendorong transformasi tata kelola pendidikan dan pengembangan SDM di KKP agar mampu beradaptasi dengan kebutuhan nasional dan global.

Baca juga: KKP pacu SUPM Sorong siapkan SDM mumpuni kelola potensi kelautan Papua
Baca juga: KKP manfaatkan teknologi guna kembangkan SDM sektor KP
Baca juga: KKP siapkan SDM unggul sebagai agen pembangunan kampung nelayan maju


Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023