Saya pikir memang karena jamaahnya banyak yang lansia, maka petugas harus bekerja sungguh-sungguh dan memang mereka melayani, jangan petugas di sana nanti mereka berhaji sendiri
Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta para petugas haji yang diberangkatkan bertugas di Tanah Suci pada musim aji 2023 untuk betul-betul melaksanakan tugas melayani para jamaah haji khususnya para kelompok lanjut usia (lansia).

“Saya pikir memang karena jamaahnya banyak yang lansia, maka petugas harus bekerja sungguh-sungguh dan memang mereka melayani, jangan petugas di sana nanti mereka berhaji sendiri,” kata Wapres di Jakarta, Rabu.

Wapres meminta para petugas haji melakukan pelayanan dengan baik, dan tidak mengurusi diri sendiri.

“Jangan dia tidak melayani, tapi dia pergi haji menunaikan ibadah seperti jamaah haji, nah itu jangan sampai petugas kayak jamaah haji. Mestinya melayani jamaah, tapi dia ngurusi dirinya sendiri berhaji, nah itu tidak boleh,” katanya.

Lebih jauh Wapres juga berpesan agar tambahan kuota haji diurus dan dipersiapkan dengan baik agar tambahan kuota terus bisa ditambah di tahun berikutnya.

Ditekankan segala konsekuensi terkait tambahan kuota itu, termasuk soal beban subsidi haji, harus dipikirkan dengan baik, demikian Ma'ruf Amin.

Baca juga: Wapres harap Arab beri kemudahan lokasi tenda jamaah asal Indonesia

Baca juga: Haji ramah lansia, Kemenag dan UI susun SOP layanan calon haji lansia

Baca juga: Menkes sebut Wapres contoh baik lansia yang mau divaksin

Baca juga: Wapres nilai BPKH perlu libatkan ahli untuk investasi keuangan haji


Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023