Jakarta (ANTARA) - Mantan pemain bass band legendaris The Beatles yang pernah bergabung saat awal berdirinya band tersebut, Chas Newby, meninggal dunia di usianya yang ke-81 tahun.

Bassis dengan nama asli Charles Newby itu sempat mengisi posisi bassis dalam beberapa pertunjukan The Beatles ketika band tersebut baru dibentuk pada tahun 1960 bersama John Lennon, Paul McCartney, dan George Harrison.

Dilaporkan oleh The Guardian 23 Mei waktu setempat kabar mengenai kematian bassis yang juga menjadi rekan John Lennon pada band pertamanya, The Quarrymen, tersebar di media sosial sejak Selasa (23/5) pagi.

Baca juga: Drummer band legendaris Jepang YMO meninggal dunia

Roag Best yang merupakan teman Chas sekaligus adik mantan personel The Beatles, Pete Best, mengonfirmasi kabar kematian temannya tersebut di akun media sosial Facebook miliknya.

"Baik Pete dan saya serta seluruh keluarga Best sangat terpukul mendengar kabar sedih ini sehubungan dengan salah satu teman terdekat keluarga kami, Chas Newby, meninggal tadi malam," tulis Roag.

Sejarawan The Beatles, Mark Lewishon, menulis kesannya kepada sang bassis di akun Twitter miliknya.

"Dia menggantikan Stuart (bassis pertama The Beatles) dalam beberapa konser ketika The Beatles kembali dari Hamburg untuk kali pertama, akhir 1960, termasuk konser penting di Litherland. Kemudian dia bergabung bersama Quarry Men juga. Seseorang yang menawan, sangat senang bertemu dengannya," tulis Mark.

Baca juga: Gitaris "Lynyrd Skynyrd" Gary Rossington tutup usia

Lahir di Liverpool pada 1941, Chas pernah ditawari John Lennon untuk tetap menjadi bassis dalam konser tur The Beatles di Jerman Barat namun dia menolak dan memilih melanjutkan pendidikannya di universitas. Oleh karena itu posisi bassis The Beatles kemudian digantikan oleh Paul McCartney.

Dia kemudian menjadi guru matematika di sebuah sekolah dan tinggal di Alcester, Inggris di mana dia bermain bersama band The Racketts dalam rangka penggalangan dana. Pada tahun 2016 dia kembali bermain bersama band Quarrymen yang dibentuk kembali.

Baca juga: Drummer Modest Mouse meninggal dunia usai berjuang lawan kanker

Penerjemah: Farhan Arda Nugraha
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023