Indonesia mendukung upaya APEC dalam mengembangkan kerja sama ekonomi di kawasan Asia Pasifik yang bermanfaat bagi setiap Ekonomi APEC
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perdagangan (Mendag) RI Zulkifli Hasan bertolak ke Amerika Serikat (AS) untuk menghadiri Pertemuan Para Menteri Perdagangan Asia Pacific Economic Cooperation (APEC MRT) ke-29 di Detroit, Amerika pada 25-26 Mei 2023.

Zulkifli menyatakan, kehadiran Indonesia dalam pertemuan MRT guna menunjukkan dukungan terhadap pengembangan sistem perdagangan khususnya di kawasan Asia Pasifik dan menjalin hubungan perdagangan yang saling menguntungkan.

"Indonesia mendukung upaya APEC dalam mengembangkan kerja sama ekonomi di kawasan Asia Pasifik yang bermanfaat bagi setiap Ekonomi APEC. Kami akan hadir dalam pertemuan APEC MRT tersebut untuk memberi dukungan bagi sistem perdagangan yang dijalin APEC untuk membangun ekonomi kawasan," ujar Zulkifli melalui keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Indonesia angkat isu reformasi struktural perdagangan jasa dalam APEC

Dalam pertemuan MRT, sejumlah topik yang dibahas adalah dukungan APEC terhadap sistem perdagangan multilateral, pengembangan kapasitas intrakawasan, fasilitasi perdagangan barang dan jasa, konektivitas antarkawasan, digitalisasi, keberlanjutan dan inklusivitas perdagangan, hingga inovasi di bidang perdagangan.

Selain pertemuan MRT, Zulkifli dijadwalkan melakukan pertemuan bilateral dengan sejumlah Ekonomi anggota APEC. Topik yang akan dibahas meliputi peningkatan hubungan dagang hingga implementasi kerja sama perdagangan.

APEC adalah forum kerja sama 21 ekonomi di lingkar Samudra Pasifik. Kegiatan utama APEC meliputi kerja sama perdagangan, investasi, serta kerja sama ekonomi lainnya untuk mendorong pertumbuhan dan peningkatan kesejahteraan di Kawasan Asia Pasifik.

Ekonomi anggota APEC terdiri atas Amerika Serikat, Australia, Brunei Darussalam, Chili, Filipina, Hongkong, Indonesia, Jepang, Kanada, Korea Selatan, Malaysia, Meksiko, Peru, Papua Nugini, Tiongkok, Rusia, Selandia Baru, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Vietnam. Kerja sama APEC bersifat nonpolitis dan semua keputusan yang dihasilkan berdasar pada konsensus anggotanya dan bersifat tidak mengikat (non-binding).

Baca juga: Indonesia ajak ekonomi APEC dukung sistem perdagangan multilateral

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023