Jakarta (ANTARA) - Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta kembali menghadirkan festival Jakarta Film Week dengan mengangkat tema "Evolve" yang akan berlangsung pada 25-29 Oktober 2023.

Mengutip keterangan pers yang diterima di Jakarta, Rabu, pihak penyelenggara mengatakan festival ini berusaha untuk memberikan ruang bagi sineas lokal maupun internasional memasuki penyelenggaraan tahun ketiga ini.

Saat ini open submission untuk film dengan berbagai format yang akan dikompetisikan sudah dibuka hingga 31 Juli 2023. Selain itu, program Jakarta Film Fund juga sudah siap menerima proposal dari para sineas muda untuk produksi film pendek hingga 18 Juni 2023.

Sineas terpilih dalam Jakarta Film Fund akan mendapat dukungan dana sebesar Rp50 juta per film serta mendapat mentorship dari praktisi film Indonesia.

Baca juga: Sandi: Pengembangan ekosistem perfilman butuh dukungan berbagai sektor

Tak berhenti di situ, Jakarta FIlm Week pada Juni mendatang juga akan membuka pendaftaran untuk peserta Producers Lab. Program ini terwujud berkat hasil kerja sama dengan Platform BUSAN serta didukung oleh Direktorat Jenderal Perfilman, Musik, dan Media Kemendikbudristek.

Setelah dihadirkan perdana tahun lalu, program Producers Lab dari Jakarta Film Week diharapkan dapat kembali membidani lahirnya produser muda dari dalam negeri yang siap menelurkan karya baru serta didukung oleh industri baik regional maupun internasional.

Pada tahun ini, Jakarta FIlm Week membangun kerja sama dengan Bucheon International Fantastic Film Festival (BIFAN) dari Korea Selatan melalui program Goedam Campus. Melalui program ini, Jakarta Film Week akan mengirimkan satu proyek terpilih untuk menghadiri Goedam Campus yang akan diselenggarakan di BIFAN pada Juni mendatang.

Baca juga: Menparekraf apresiasi film Indonesia masuk festival internasional

Direktur Festival Jakarta Film Week Rina Damayanti mengatakan bahwa kerja sama antar-festival tersebut merupakan upaya penguatan yang membuka kesempatan bagi talenta baru sineas Indonesia.

"Diharapkan setiap tahunnya akan ada kerja sama-kerja sama lain dengan entitas film lain baik secara regional atau internasional," demikian kata Rina.

Baca juga: Jakarta Film Week diharapkan dorong kolaborasi sineas internasional

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023