Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kesehatan RI melengkapi setiap anggota jamaah calon haji dengan kartu kesehatan jamaah haji (KKJH) yang berguna untuk memantau kondisi kesehatan selama menjalani ibadah di Arab Saudi.

"Kami sarankan setiap anggota jamaah selalu membawa kartu kesehatan jamaah haji, terutama saat beribadah, agar memudahkan bila diperlukan pelayanan kesehatan sewaktu-waktu," kata Kepala Pusat Kesehatan Haji Liliek Marhaendro Susilo dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Kemarin, Kartu kesehatan jamaah haji hingga imbauan bermasker

Ia mengatakan jamaah calon haji 1444 H/2023 M mulai diberangkatkan pada Rabu, 24 Mei 2023, setelah dinilai memenuhi istitaah atau mampu untuk melaksanakan ibadah haji sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan nomor 15 Tahun 2016 tentang Istitaah Kesehatan Haji.

“Setiap jamaah haji yang berangkat harus memenuhi istitaah kesehatan agar dapat menunaikan ibadahnya sesuai ketentuan syariat Islam,” katanya.

Baca juga: Jamaah dibekali kartu pantau kesehatan selama 21 hari setelah pulang

Pemerintah RI telah menerbitkan kebijakan agar setiap calon jamaah haji dilengkapi dengan KKJH sebagai bukti telah mendapatkan pemeriksaan kesehatan dan pembinaan kesehatan.

KKJH merupakan kartu identitas bagi jamaah haji yang memuat informasi kesehatan seperti rekam medis, vaksinasi, dan riwayat pembinaan kesehatan jemaah haji.

Pada kartu tersebut juga dilengkapi kode batang atau QR code yang bisa digunakan bagi tenaga kesehatan untuk mengakses informasi kesehatan dari jamaah calon haji sesuai nomor porsi melalui aplikasi tele-petugas.

Baca juga: Gelang status kesehatan haji tidak dipakai lagi

KKJH memiliki dua kelompok warna, yaitu oranye dan putih. Calon haji dengan KKJH warna oranye merupakan calo haji yang masuk dalam status kesehatan risiko tinggi. Sedangkan yang masuk dalam kategori tidak berisiko ditandai dengan warna putih.

Status kesehatan risiko tinggi ditetapkan bagi jamaah haji dengan kriteria, berusia 60 tahun atau lebih serta memiliki faktor risiko kesehatan dan gangguan kesehatan yang berpotensi menyebabkan gangguan pada sistem kesehatan tubuh.

Baca juga: Dinas Kesehatan: Kondisi calon haji Lombok Tengah sehat semua
Baca juga: Gubernur: Jamaah calon haji Jatim mesti jaga kesehatan

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023