... Chris John mendapat gelar Super Champion... "
Semarang (ANTARA News) - Pemegang gelar Super Champion kelas bulu WBA, Chris John, mulai menjalani latihan di Sasana Herry's Gym, di Perth, Australia, untuk persiapan pertarungan perebutan gelar mendatang.

"Hari ini atau Senin dia (Chris John, red.) berangkat ke Australia melalui Denpasar Bali," kata istri Chris John, Anna Megawati, ketika dihubungi di Semarang, Senin malam.

Menurut mantan atlet wushu Jateng tersebut, John berangkat dari Semarang, Minggu (27/1), kemudian menginap semalam di Bali dan Senin sekitar pukul 09.00 terbang ke Australia.

"Mungkin sampai Australia pukul 13.00 waktu setempat," kata ibu dua putri (Maria Ferisha dan Maria Christiani) tersebut.

Ia mengakui sebenarnya keberangkatan ke Australia tersebut sudah awal tahun ini tetapi yang bersangkutan minta mundur karena mengurus proses kepindahan rumahnya. "Rumah lama direnovasi dan sekarang ini sudah selesai," katanya.

Ia mengaku tidak tahu persis suaminya berlatih di Australia sampai kapan, karena waktu pertarungan masih cukup lama dan belum ada kepastian. "Mungkin pertarungan sekitar Maret atau April mendatang," katanya.

Menurut dia, biasanya latihan di Australia itu dilaksanakan satu bulan sebelum pertarungan, akan tetapi saat ini sudah diminta latihan di sana.

Pertarungan mendatang bagi petinju dengan rekor bertarung 48 kali menang (22 di antaranya KO) dan dua kali seri tersebut merupakan ke-18 untuk mempertahankan gelarnya setelah merebutnya dari petinju Kolombia Oscar Leon melalui pertarungan ad-interim di Bali, September 2003.

Dari 17 kali pertarungan mempertahankan gelar yang sudah dijalani petinju dengan julukan The Dragon tersebut, lima di antaranya melalui pertarungan wajib atau "mandatory fight", yaitu melawan Jose Cheo Rojas (Venezuela).

Selain itu, menghadapi Derrick Gainner (Amerika Serikat), Juan Manuel Marquez (Meksiko), Roinet Caballero (Panama), dan Hiroyuki Enoki (Jepang), sedangkan 12 kali melalui pertarungan pilihan.

Bahkan, setelah melawan Enoki, John mendapat gelar Super Champion karena berhasil mempertahankan gelar juara dunia 10 kali tanpa putus.

Pertarungan terakhir yang dijalani Chris John adalah saat menang angka atas petinju Thailand, Chonlatarm Piriyapinyo, di Marina Bay Sand, Singapura, 9 November 2012. 

(H015)





NNNN





(T.H015/B/M029/C/M029) 28-01-2013 20:56:26

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013