Kulon Progo segera memiliki pelabuhan Tangjung Adikarta yang ditargetkan beroperasi pada 2014. Untuk itu, kami akan membekali nelayan Kulon Progo keterampilan mengoperasikan kapal diatas 10 grosston hingga 30 grosston,"
Kulon Progo (ANTARA News) - Dinas Kelautan, Perikanan dan Peternakan Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan memberikan pelatihan kepada 50 nelayan mengoperasikan kapal berbobot di atas 30 grosston.

Kepala Bidang Kelautan dan Perikanan Tangkap Dinas Kelautan, Perikanan dan Peternakan (Dinas Kepenak) Kulon Progo, Prabowo Sugondo, Senin, mengatakan, pelatihan ini dalam rangka meningkatan sumber daya manusia (SDM) nelayan dalam mengoperasionalka kapal berbobot 30 grosston.

"Kulon Progo segera memiliki pelabuhan Tangjung Adikarta yang ditargetkan beroperasi pada 2014. Untuk itu, kami akan membekali nelayan Kulon Progo keterampilan mengoperasikan kapal diatas 10 grosston hingga 30 grosston," kata Prabowo.

Dia mengatakan, bantuan kapal besar di Kementerian Keluatan dan Perikanan ukuran 30 grosston, untuk sementara waktu dioperasikan secara kerjasama dengan nelayan daerah lain. Dengan pelatihan ini, diharapkan nelayan Kulon Progo semakin profesional dalam mengoperasikan kapal bantuan.

"Rencananya pelatihan akan dilaksanakan pada April mendatang. Kami berharap nelayan mampu menangkap ikan secara maksimal dengan menggunakan kapal ukuran 30 grosston kedepannya," kata dia.

Menurut dia, tujuan utama pelatihan ini adalah penggunaan peralatan penangkapan ikan yang lebih canggih dan besar, sasaran ikan yang lebih banyak dan daerah tangkap yang lebih jauh.

"Pelatihan ini akan berlangsung antara 10 hari hingga satu bulan. Pelatihan tergantung dari perkembangan nelayan dalam menguasai dan mengoperasikan kapal, serta hasil tangkapan yang diperoleh selama pelatihan," kata dia.

Lebih lanjut, dia mengatakan, Dinas Kepenak Kulon Progo telah mengajukan bantuan dua unit kapal ukuran 30 grosston kepada Dinas Keluatan dan Perikanan DIY.

"Kami berharap, nelayan Kulon Progo mendapatkan bantuan kapal ukuran 30 grosston lebih dari dua unit. Kami optimistis, hasil tangkapan Ikan Kolon Progo sangat banyak jika nelayan semakin profesional dan didukung peralatan yang memadai," kata dia.

Kepala Dinas Kepenak Kulon Progo, Endang Purwaningrum mengatakan, Dinas Kepenak akan terus mendorong nelayan Kulon Progo semakin profesional mengoperasikan kapal diatas 30 grosston. Kata dia, minimnya hasil tangkapan ikan karena jarak melaut masih kurang dari empat mill laut.

"Posisi ikan paling banyak berada di tengah. Untuk itu, kami akan segera memberikan pelatihan secara intensif kepada nelayan untuk mengoperasikan kapal diatas 30 grosston," kata Endang.

(KR-STR/Z002)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013