Kita harus terus berupaya memperkuat kemitraan dan menjalin sinergi yang baik
Jakarta (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono berharap Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (INKINDO) terus menjadi mitra strategis Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan menciptakan inovasi bagi pembangunan Jakarta.
 
"Saya sampaikan apresiasi kepada INKINDO yang selama ini telah menjadi mitra strategis pemerintah, khususnya dalam pembangunan di Provinsi DKI Jakarta," kata Heru saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) INKINDO Tahun 2023 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, dalam keterangan tertulisnya, Rabu.
 
Pemprov DKI terus berkomitmen untuk memperkuat kerja sama dan berdialog secara terus-menerus dengan pihak-pihak yang produktif, seperti INKINDO.
 
"Kita harus terus berupaya memperkuat kemitraan dan menjalin sinergi yang baik,” ujar Heru.

Baca juga: Praktisi: Indonesia kini darurat konsultan
 
Saat ini, kata Heru, Jakarta sedang bertransformasi dari Ibu Kota Negara (IKN) menjadi kota bisnis berskala global.
 
Nantinya, Jakarta berfungsi sebagai simpul utama jaringan ekonomi dunia yang memiliki dampak langsung dan nyata pada urusan sosial-ekonomi global.
 
"Karena itu, saya berharap INKINDO dapat menciptakan inovasi yang sejalan dengan proses transformasi tersebut,” kata Heru.
 
Heru berpesan agar INKINDO dapat membina seluruh anggotanya untuk terus meningkatkan kapabilitas di bidangnya masing-masing demi terwujudnya konsultan yang andal, kompeten dan profesional.
 
“Ini perlu dimiliki oleh para konsultan yang sering terlibat dalam proses pembuatan kebijakan dan sebagai mitra strategis pemerintah dalam pembangunan yang mengedepankan prinsip 'good governance'," kata Heru.

Baca juga: Pemerintah beri peran besar konsultan kualifikasi kecil
 
Heru berharap pula rakernas ini dapat menghasilkan berbagai program dan rencana kerja yang nantinya mendukung kesuksesan pembangunan di seluruh wilayah Indonesia.
 
Ketua Umum Dewan Pengurus Nasional INKINDO Erie Haryadi berharap INKINDO DKI Jakarta dapat mendukung dan membantu kebijakan dan program pembangunan di Kota Jakarta.
 
“Paling tidak, pemikiran-pemikiran konsultan bisa ikut dalam aturan-aturan yang diterbitkan,” kata Erie.
 
Apalagi INKINDO merupakan organisasi perusahaan jasa konsultan yang terbesar dan tertua di Indonesia. INKINDO memiliki 6.000 perusahaan jasa konsultan di seluruh Indonesia, 700 perusahaan konsultan di antaranya ada di DKI Jakarta.
Baca juga: Pengurus Inkindo baru fokus atasi penurunan jumlah anggota

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023