Moody's memiliki peringkat "Aaa" untuk pemerintah AS dengan prospek stabil
New York (ANTARA) - Lembaga pemeringkat Moody's memperkirakan Pemerintah AS akan terus membayar utangnya tepat waktu, tetapi pernyataan publik dari anggota parlemen selama negosiasi plafon utang dapat mendorong perubahan dalam penilaian prospek kredit AS sebelum potensi gagal bayar, kata seorang analis senior.

Investor menggunakan peringkat kredit sebagai salah satu metrik untuk menetapkan profil risiko pemerintah dan perusahaan.

Umumnya, semakin rendah peringkat peminjam, semakin tinggi biaya pendanaannya. Itu berarti kemungkinan penurunan peringkat pemerintah AS dapat mempengaruhi harga triliunan dolar sekuritas utang pemerintah.

Investor harus menghadapi risiko itu menjelang tenggat waktu 1 Juni yang ditunjukkan oleh Departemen Keuangan AS untuk menaikkan batas utang pemerintah sebesar 31,4 triliun dolar AS, dengan Demokrat dan Republik masih sangat terpecah tentang cara mengekang defisit federal.

Moody's memiliki peringkat "Aaa" untuk pemerintah AS dengan prospek stabil - evaluasi kelayakan kredit tertinggi yang diberikan Moody's kepada peminjam.

Fitch juga menilai pemerintah AS "AAA". Peringkat S&P Global adalah "AA-plus," tertinggi kedua.

S&P mencabut peringkat teratas Amerika Serikat yang didambakan atas pertikaian plafon utang di Washington pada 2011, beberapa hari setelah kesepakatan yang menurut agensi pada saat itu tidak menstabilkan "dinamika utang jangka menengah."

Moody's memperkirakan anggota parlemen pada akhirnya akan mencapai kesepakatan untuk menaikkan batas pinjaman kali ini. Tapi itu bersiap untuk negosiasi yang berlarut-larut dan potensi solusi sementara, kata William Foster, wakil presiden senior di Moody's, kepada Reuters.

Pemerintah AS akan dianggap gagal bayar jika melewatkan pembayaran utang, yang akan memicu penurunan peringkat oleh lembaga pemeringkat satu tingkat ke "Aa1."

Tapi Moody's dapat mengambil tindakan sebelum gagal bayar dengan mengubah prospeknya pada pemerintah AS menjadi negatif dari stabil jika anggota parlemen mengindikasikan bahwa kemungkinan gagal bayar, kata Foster. Perubahan prospek akan mencerminkan peningkatan material dalam kemungkinan penurunan peringkat.

"Keadaan seperti itu bisa terjadi jika pesan publik dari kedua belah pihak atau dari negosiator utama menunjukkan bahwa mereka serius mempertimbangkan gagal bayar, dan mereka merasa nyaman bahwa ini adalah opsi yang layak," kata Foster, dikutip dari Reuters.

"Jika kita mendekati tanggal-X dan tampaknya ada perubahan nada yang tampak signifikan, material, dan mengubah keseluruhan analisis probabilitas, ... itulah satu-satunya dasar untuk potensi perubahan sebelum pembayaran yang terlewatkan," kata dia.

Tanggal-X adalah ketika pemerintah tidak dapat lagi membayar semua tagihannya. Menteri Keuangan AS Janet Yellen pada Minggu (21/5/2023) mengatakan 1 Juni tetap menjadi "tenggat waktu yang sulit" untuk menaikkan batas utang federal.

Moody's menempatkan peringkat Aaa Amerika Serikat dalam peninjauan untuk kemungkinan penurunan peringkat pada tahun 2011 beberapa minggu sebelum kesepakatan batas utang tercapai.

Karena kerangka waktu yang ketat, Foster mengatakan dia terus memperkirakan perjanjian plafon utang di musim panas atau di akhir tahun fiskal AS pada September, dengan anggota parlemen kemungkinan akan menyetujui penangguhan batas jangka pendek sementara.

Jika pemerintah mencapai tanggal X tanpa kesepakatan, Moody's memperkirakan pembayaran pokok utang yang jatuh tempo tidak akan berisiko karena Departemen Keuangan dapat melelang utang baru untuk mengembalikan utang lama sambil tetap berada di bawah batas utang yang ada.

Akan tetapi, pembayaran bunga perlu diprioritaskan untuk menghindari gagal bayar. "Jika itu skenarionya, kami berharap itu terjadi," kata Foster.

Jika terjadi pembayaran yang terlewatkan, Moody's akan menurunkan peringkat pemerintah satu tingkat, bahkan dalam kasus gagal bayar singkat.

"Keadaan ini akan didasarkan pada sesuatu yang dapat dihindari, yang dapat diperkirakan, tetapi tetap terjadi karena politik," katanya.

Baca juga: S&P dan Moody's naikkan peringkat Saudi karena reformasi non-minyak
Baca juga: Moody's turunkan rating Inggris jadi "negatif" akibat gejolak politik
Baca juga: Amerika Serikat pertimbangkan penerbitan obligasi 50 tahun

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023