Jakarta (ANTARA/JACX) - Insiden pesawat Malaysia Airlines Penerbangan 370 (MH370) menghilang berlangsung 8 Maret 2014.

Pada waktu itu, pesawat yang membawa 227 penumpang tersebut tiba-tiba menghilang dari radar saat melakukan perjalanan dari Kuala Lumpur menuju Beijing. 

Malaysia, China, dan Australia tercatat mengerahkan tim untuk melakukan pencarian pesawat yang juga membawa 12 awak itu. 

Walau demikian, upaya dari tiga negara tidak membuahkan hasil sehingga pencarian MH370 resmi dihentikan pada Januari 2017.

Usai dinyatakan menghilang selama sembilan tahun, muncul kabar pesawat berjenis Boeing 777 itu telah ditemukan di dasar laut.

Narasi itu disebarkan seorang pengguna Twitter pada awal Mei 2023, yang juga menyertakan sebuah foto. Foto tersebut menampilkan moncong pesawat yang diduga telah karam di perairan dalam waktu lama, hingga dipenuhi karat.

Berikut narasi di Twitter yang diubah dalam Bahasa Indonesia:
"Pesawat Malaysia MH370 yang hilang 9 tahun lalu telah ditemukan di bawah laut tanpa kerangka manusia. Pesawat itu membawa 239 penumpang,”.

Namun, benarkah gambar pesawat di dasar laut itu merupakan MH370?
Tangkapan layar narasi hoaks yang menyebutkan pesawat Malaysia MH370 ditemukan di dasar laut. (Twitter)


Penjelasan:
Associated Press (AP) melaporkan gambar di Twitter itu adalah pesawat Lockheed Martin L1011 Tristar, dan bukan pesawat MH370. 

Gambar pesawat Lockheed Martin L1011 Tristar yang ada di Laut Merah tersebut merupakan milik pusat scuba diving Deep Blue Diva Center yang beroperasi di Yordania.

Lockheed Martin L1011 Tristar diketahui sengaja ditenggelamkan untuk dijadikan destinasi menyelam. Berikut gambar Lockheed Martin L1011 Tristar dari sisi berbeda.

Sementara pesawat MH370, belum ditemukan hingga saat ini. Klaim di Twitter soal foto penemuan MH370 merupakan hoaks.

Klaim: Pesawat Malaysia MH370 ditemukan di dasar laut
Rating: Hoaks

Baca juga: Veteran Hollywood galang dana untuk filmkan tragedi MH370

Baca juga: Malaysia putuskan pencarian MH370 diakhiri Selasa pekan depan

Baca juga: Keluarga korban MH370 ke AS untuk gugat Boeing

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2023