Jamaah juga bisa menunaikan salat di pemondokan, untuk menghindari kelelahan
Madinah (ANTARA) - Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI Liliek Marhaendro Susilo memberikan tips bagi jamaah calon haji lanjut usia (lansia) yang akan salat di Masjid Nabawi.

"Bagi peserta calon haji lansia yang ingin tetap beribadah di Masjid Nabawi, ada sejumlah panduan atau tips yang perlu dilakukan," katanya dalam keterangan pers di Madinah, Kamis.

Tips tersebut adalah


a. Catat nama dan nomor pemondokan sebelum berangkat ke Masjid Nabawi.
b. Beri tahu dan catat nomor kontak Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) di pemondokan.
c. Kenakan identitas pengenal, terutama gelang jamaah. Jangan tukar menukar gelang dengan jamaah lainnya.
d. Pergi dan pulang secara berkelompok.
e. Gunakan pelembab kulit dan bibir untuk menghindari iritasi akibat cuaca panas.
f. Selalu gunakan alas kaki dan kaos kaki untuk menghindari kaki melepuh. Jika kehilangan alas kaki, jangan memaksakan diri pulang ke hotel tanpa sandal di siang hari. Sebab jalanan yang dilalui sangat panas. Hubungi petugas yang ada di sekitar jamaah.
g. Selalu bawa dan minum air mineral 200 ml/jam secara teratur untuk menghindari dehidrasi. Minum oralit 1 saset per hari dicampur dengan 300ml air mineral untuk memulihkan kebugaran tubuh.
h. Atur irama keberangkatan dan kepulangan dari pemondokan menuju Masjid Nabawi dan sebaliknya. Ini untuk menghindari penumpukan antrian lift di pemondokan.
i. Selalu menjaga ketertiban selama beribadah di Masjid Nabawi.
j. Makan tepat waktu dan beristirahat yang cukup.

Baca juga: Jamaah calon haji gelombang pertama mulai Arbain di Masjid Nabawi

Ia juga mengingatkan kepada seluruh jamaah haji Indonesia, jangan sungkan untuk meminta bantuan petugas. "Sejak di embarkasi, selama penerbangan, hingga di Tanah Suci nanti, bila mengalami kesulitan dan membutuhkan bantuan segera hubungi Petugas Haji Indonesia," ujarnya.

Untuk mendukung pengetahuan ibadah haji, kata dia, Kementerian Agama (Kemenag) menyediakan Buku Panduan Manasik Haji, Buku Panduan Manasik Haji bagi Lansia, serta Video Manasik Haji, yang dapat dilihat di aplikasi PUSAKA Kemenag dan dapat diunduh di Playstore maupun AppStore.

Namun ia mengingatkan agar jamaah lansia jangan memaksakan diri untuk melaksanakan ibadah sunah jika kondisi fisik tidak memungkinkan ikut salat berjamaah di Masjid Nabawi.

"Jamaah juga bisa menunaikan salat di pemondokan, untuk menghindari kelelahan," kata Liliek.

Baca juga: P3JH katakan kelelahan jadi masalah utama jamaah lansia
Baca juga: Demensia kerap dijumpai pada jamaah haji lansia


Pewarta: Nur Istibsaroh
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023