Indeks STOXX 600 pan-Eropa relatif datar pada pukul 07.07 GMT setelah turun sekitar 2,5 persen dalam dua hari terakhir
Bengaluru (ANTARA) - Saham Eropa stabil pada awal perdagangan Kamis, setelah aksi jual dua hari terburuk sejak Maret karena investor menyeimbangkan kekhawatiran atas kebuntuan plafon utang AS dan perlambatan ekonomi global dengan optimisme dari pendapatan perusahaan yang optimis.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa relatif datar pada pukul 07.07 GMT setelah turun sekitar 2,5 persen dalam dua hari terakhir, dipicu oleh aksi jual saham produsen barang fesyen mewah dan sedikit kemajuan dalam pembicaraan untuk menaikkan plafon utang AS guna mencegah gagal bayar.

Lembaga pemeringkat Fitch mengawasi peringkat kredit Amerika Serikat untuk kemungkinan penurunan peringkat pada Rabu (24/5/2023).

Baca juga: Saham Eropa dibuka merosot 1,0 persen karena risiko global memburuk

Pembuat cip Eropa naik pada Kamis setelah pembuat cip paling berharga di dunia Nvidia Corp memperkirakan pendapatan triwulanan lebih dari 50 persen di atas perkiraan Wall Street.

Saham BE Semiconductor melonjak 6,5 persen dan ASM International terangkat 6,3 persen. Indeks teknologi yang lebih luas menguat 1,7 persen.

Indeks DAX Jerman tergelincir setelah data menunjukkan ekonomi Jerman berkontraksi pada kuartal pertama tahun 2023, dibandingkan dengan tiga bulan sebelumnya, sehingga menandakan resesi.

Baca juga: Saham Eropa dibuka turun terseret Julius Baer, data ekonomi jadi fokus

Baca juga: Saham di Eropa dibuka datar di tengah kekhawatiran plafon utang AS

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023