Nanti beli Transjakarta sebanyak 450 unit
Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan, prioritas utama pelayan publik setelah Anggaran Pendapatan dan Belanda Daerah adalah menangani kecametan Jakarta serta banjir.

"Ya berhubungan dengan kemacetan," kata Jokowi saat ditemui di Balaikota DKI, Selasa.

Menurutnya, penanganan kemacetan akan dilakukan dengan cara meningkatkan kemampuan daya angkut transportasi massal seperti Transjakarta, sehingga, pengguna kendaraan pribadi bisa berpindah ke angkutan umum agar mengurangi volume kendaraan di jalan-jalan di Jakarta.

"Nanti beli Transjakarta sebanyak 450 unit," kata Jokowi yang juga mengatakan akan membeli bus sedang sebanyak 1.000 unit untuk revitalisasi metromini.

"Pokoknya kami mau konsentrasi ke busway, metromini dulu, ini yang menyangkut masyarakat, publik, rakyat," katanya.

Untuk masalah banjir, Jokowi menyebutkan akan fokus pada pembebasan tanah, pembangunan fisik serta pengerukan. Menurutnya, pengerukan sungai, dan kali akan dilakukan dengan alat baru.

"Sekarang alatnya sudah beda," katanya. Ia mencontohkan untuk pengerukan sampah di air, tidak dilakukan secara manual namun disedot. "Nanti pengerukan disedot pakai dragger," katanya.

 Selain itu, alat berat seperti eskavator juga akan menggunakan eskavator yang bisa digunakan di darat dan air. "Saya sudah minta eskavatornya harus amphibi. Bisa darat bisa air. Ada itu," katanya.

(Dny) 

Pewarta: Deny Yuliansari
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013