Jambi (ANTARA) - Geopark Merangin, Jambi resmi ditetapkan sebagai Unesco Global Geopark (UGG) atau warisan dunia dalam sidang tahunan Unesco di Paris, Prancis pada Rabu 24 Mei lalu.

Pemerintah Provinsi Jambi berupaya maksimal melakukan pembenahan tata kelola Geopark Merangin, baik penataan di lapangan maupun pembenahan sisi dokumen supaya geopark itu memperoleh sertifikat pengakuan warisan dunia.

Gubernur Jambi Al Haris di Jakarta usai menerima pernyataan Geopark Merangin masuk dalam salah satu warisan dunia, langsung memimpin rapat dengan pihak terkait yakni Rapat Koordinasi Promosi Unggulan dan Pelestarian Seni Budaya se-Provinsi Jambi di Anjungan Jambi Taman Mini Indonesia Indah Jakarta, Kamis.

Dalam keterangan resmi yang diberikan Diskominfo Jambi, menyebutkan bahwa terdapat 18 geopark baru yang ditetapkan sebagai UGG atau warisan dunia dimana empat di antaranya adalah geopark yang berada di Indonesia yaitu geopark Ijen, Maros Pangkep, Raja Ampat dan Geopark Merangin.

Setelah ditetapkannya pada 1 Maret 2023, Geopark Merangin ditetapkan sebagai Geopark Nasional. Pemerintah Provinsi Jambi terus berupaya maksimal untuk melakukan pembenahan tata kelola Geopark Merangin, baik penataan di lapangan maupun pembenahan dari sisi dokumen supaya memperoleh sertifikat pengakuan UGG.

Hal tersebut terlihat dari keinginan yang sangat kuat dan disertai dengan perjuangan yang gigih dari Gubernur Jambi Al Haris yang terus berupaya memperjuangkannya untuk memperoleh pengakuan dari Unesco dan bertekad dari keinginan yang sangat kuat serta perjuangannya yang gigih akhirnya ditetapkannya Geopark Merangin menjadi salah satu warisan dunia pada Rabu 24 Mei 2023.

"Suatu kehormatan bagi Provinsi Jambi dan dinilai oleh Unesco sebagai daerah yang punya kekhususan, dimana geopark itu adalah taman bumi yang di dalamnya ada patahan-patahan fosil yang usianya 300 juta tahun," kata  Al Haris.

"Oleh karena itu, kami dari Pemprov Jambi akan mencoba untuk membangun dan mengemas dengan baik sehingga nanti tidak hanya menjadi sejarah Unesco tetapi juga menjadi sejarah bangsa Indonesia bahwa salah satu geopark dunia terdapat di Provinsi Jambi yaitu Geopark Merangin," kata dia.


Baca juga: Ijen Geopark ditetapkan sebagai anggota UNESCO Global Geopark
Baca juga: Geopark Maros Pangkep ditetapkan jadi Global Geopark UNESCO


 

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023