Bapak presiden memesankan bahwa tahun 2013 sebagai tahun politik, beliau mengharap pers melakukan dua hal pertama proses demokrasi berjalan dengan baik. Kedua pemilu menjadi pematangan demokrasi bagi bangsa Indonesia,"
Jakarta (ANTARA News) - Panitia Hari Pers Nasional 2013 Margiono mengatakan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta agar pers turut serta menyukseskan pemilu dan membangun demokrasi yang lebih sehat.

"Bapak presiden memesankan bahwa tahun 2013 sebagai tahun politik, beliau mengharap pers melakukan dua hal pertama proses demokrasi berjalan dengan baik. Kedua pemilu menjadi pematangan demokrasi bagi bangsa Indonesia," kata Margiono di Jakarta, Selasa.

Margiono yang juga Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) tersebut, mengatakan itu usai diterima presiden dan rombongan Panitia Hari Pers nasional di Istana Negara.

Keberhasilan pemilu yang berjalan dengan baik, jujur, adil, dan demokratis akan mendorong pertumbuhan demokrasi di Indonesia semakin matang dan kuat.

"Dan pers menurut bapak Presiden, memiliki peran yang penting dalam pembangunan demokrasi tersebut," katanya.

Ia menambahkan, dalam kesempatan tersebut Presiden juga mengharapkan agar pers Indonesia mendorong adanya kerja sama internasional dengan pers-pers negara lain, misalnya di ASEAN.

Presiden juga mendorong kerja sama insan pers tidak hanya melalui forum-forum formal seperti dewan pers maupun asosiasi-asosiasi pers.

Sementara itu, dalam acara tersebut, Presiden menerima para panitia Hari Pers Nasional 2013, diantaranya Ketua PWI Margiono, Ketua Dewan Kehormatan PWI Tarman Azzam, Ketua Dewan Pers Bagir Manan, Anggota Dewan Pers Bambang Harimurti, Anggota Dewan Penasehat Sabam Siagiaan, Ketua Serikat Perusahaan Pers (SPS) yang juga Menteri BUMN Dahlan Iskan.

Sedangkan Presiden didampingi oleh Menteri Komunikasi dan Informasi Tifatul Sembiring, Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi, Sekretaris Kabinet Dipo Alam dan Menteri BUMN Dahlan Iskan.

Selain itu, juga Gubernur Sulawesi Utara Sinyo Harry Sarundajang yang akan menjadi tuan rumah Hari Pers Nasional 2013.
(M041/R010)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013