Jakarta (ANTARA) - Novak Djokovic berpotensi menghadapi petenis nomor satu dunia Carlos Alcaraz di semifinal French Open setelah kedua petenis tersebut di sisi yang sama undian turnamen tanah liat tersebut yang dirilis, Kamis.

Djokovic mengejar rekor gelar Grand Slam putra ke-23 dengan absennya Rafael Nadal, yang akan melewatkan turnamen di Roland Garros untuk pertama kalinya sejak debutnya yang memenangi gelar pada 2005.

Unggulan ketiga Djokovic, juara Roland Garros pada 2016 dan 2021, bertemu peringkat 114 dari AS Aleksandar Kovacevic pada babak pertama di Paris -- French Open pertama sejak 1998 tanpa Nadal atau Roger Federer yang saat ini sudah pensiun.

Kovacevic yang berusia 24 tahun melakukan debutnya di undian utama Grand Slam.

Baca juga: Djokovic dan Swiatek tumbang di perempat final Italian Open

Djokovic, yang genap berusia 36 tahun pada Senin lalu, tidak dalam kondisi prima karena cedera siku kanan yang kambuh, yang mengganggu musimnya di lapangan tanah liat.

Dia gagal melampaui babak delapan besar di salah satu dari tiga pertandingan yang dia mainkan di lapangan tanah liat musim semi ini, kehilangan tempat nomor satu dari Alcaraz.

Djokovic juga tertinggal dari peringkat Daniil Medvedev setelah petenis Rusia itu menggantikannya sebagai juara Italian Open akhir pekan lalu.

Juara US Open Alcaraz dan Medvedev keduanya memulai kampanye Roland Garros mereka melawan petenis kualifikasi.

Alcaraz menghadapi jalan yang menantang menuju gelar Grand Slam keduanya, dengan Lorenzo Musetti kemungkinan menjadi musuhnya pada babak 16 besar sebelum runner-up 2021 Stefanos Tsitsipas berpotensi menunggunya di perempat final.

Bagi Djokovic untuk mengatur pertandingan empat besar dengan Alcaraz, dia mungkin perlu melewati juara Monte Carlo Masters Andrey Rublev di perempat final.

Casper Ruud, yang disingkirkan Nadal di final tahun lalu, menjadi unggulan keempat dan memainkan pertandingan kualifikasi dalam pertandingan pembukaannya.

Holger Rune yang sedang dalam performa terbaiknya tiba di Paris pada peringkat enam dunia, tertinggi dalam kariernya, akan menghadapi petenis AS Christopher Eubanks pada babak pertama, demikian disiarkan AFP.

Baca juga: Persaingan tunggal putri French Open terbuka lebar
Baca juga: French Open masuki era baru persaingan tenis tunggal putra

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023