Jakarta (ANTARA News) - Indonesia Warriors menjaga tren positif dengan mempermalukan Jobstreet.com Singapore Slingers di hadapan publik sendiri dalam laga lanjutan Liga Bola Basket ASEAN (ABL) 2013 di Gedung Basket Singapore Indoor, Singapura, Selasa.

Pertandingan yang juga disiarkan secara daring oleh situs resmi ABL (www.aseanbasketballleague.com) tersebut berakhir dengan kedudukan akhir 69-57 sekaligus kemenangan ketiga bagi Warriors musim ini setelah sebelumnya berhasil memperoleh "back to back winning" melawan Westpors Malaysia Dragons.

Meskipun berhasil menjadi pencetak angka terbanyak dalam pertandingan tersebut dengan 27 poin, pemain asing Slingers asal Amerika Serikat, Kyle Lee Jeffers, tak mampu menyelamatkan timnya dari kekalahan.

Di kubu Warriors, perolehan poin terbanyak dikemas oleh pemain baru mereka musim ini, John Smith dengan 14 angka.

Kemudian dua pemain asing Warriors asal AS, Steven Demon Thomas dan Christopher Vondrell Daniels berhasil mencapai perolehan "double-double".

Thomas yang juga kapten Warriors, mengemas 11 angka dan mengamankan 11 kali "rebounds". Sementara Daniels mencetak 13 angka dan sukses melakukan 11 kali "rebounds".

Sebuah catatan mengagumkan juga ditorehkan oleh pemain asing Slingers asal AS, Rashad Jamal Jennings, yang mengamankan 17 kali "rebounds". Hal tersebut mengesankan karena ia berhadapan dengan raja "rebounds" ABL 2012, Thomas.

Selain itu Jerick Uy Canada dari Warriors dan Wong Wei Long dari Slingers sama-sama berhasil mencetak 10 angka dalam pertandingan tersebut.

Warriors memulai pertandingan kali ini dengan cukup baik, mereka untuk pertama kalinya berhasil mengungguli lawan di kuarter pertama dengan selisih "double digits".

Meskipun Slingers berhasil memperoleh angka pertama dalam pertandingan tersebut melalui lemparan bebas dari Jennings di sisa waktu delapan menit 56 detik, namun selanjutnya Warriors justru memegang kendali permainan.

Warriors dengan cepat meninggalkan Slingers dalam kedudukan 6-3 setelah "assist" dari John Smith berhasil dikonversi menjadi "lay up" oleh Mario Wuysang.

Sempat terbalas, Warriors justru kembali menjauh saat Canada berhasil melakukan sebuah "drive" yang diakhiri lemparan dua angka dan membawa timnya unggul 15-3.

Dua lemparan bebas dari Richard Smith berhasil mengamankan selisih kedudukan tetap di "double digits" atau 17-6, sebelum Wong Wei Long memangkas ketertinggalan menjadi sepuluh poin melalui tembakan bebasnya.

Warriors menutup kuarter pertama dengan keunggulan 17-7 atas tuan rumah, Slingers.

Warriors memasuki kuarter kedua dengan cukup percaya diri, mereka mulai menurunkan beberapa pemain yang dalam empat laga awal jarang turun lapangan untuk menambah menit bermain masing-masing, seperti Agustinus Indrajaya dan Amin Prihantono.

Amin Prihantono segera membayar kepercayaan pelatih John Todd Purves dengan melesakkan tembakan tiga angka untuk membawa Warriors unggul 20-9 di sisa waktu sembilan menit 24 detik.

Di sisi lain, Agustinus Indrajaya sempat menjadi incaran `forward` Slingers. Jennings bahkan sempat mendapat kesempatan melakukan "three point play" usai dilanggar Agustinus saat melesakkan "dunk" di sisa waktu delapan menit 53 detik, meskipun ia gagal memanfaatkan lemparan bebas.

Christian Ronaldo "Dodo" Sitepu justru berhasil membalas dengan kesuksesannya mendapatkan "three point play" serta dengan dingin mengeksekusi lemparan bebas untuk membawa Warriors kembali unggul 10 angka dalam kedudukan 23-13.

Moral para pemain dan pendukung Slingers sempat naik kembali saat Wei Long sukses melesakkan tembakan tiga angka di sisa waktu dua menit 35 detik untuk mengubah kedudukan menjadi 21-29.

Namun, semangat itu segera dihempaskan saat John Smith membalas tembakan tiga angka Wei Long di sisa waktu satu menit 12 detik dan menambah keunggulan timnya menjadi 34-23.

Kuarter ketiga berakhir dalam kedudukan sementara 36-25 untuk keunggulan tim tamu.

Pada kuarter ketiga terlihat kendali permainan sedikit berbalik ke Slingers, mereka berhasil memangkas selisih ketertinggalan dari 11 angka menjadi tujuh angka saja.

Masih mengandalkan Jennings dan Jeffers, Slingers bahkan mampu mengungguli Warriors dalam hal perolehan poin per kuarter di kuarter tiga yaitu 20-16.

Sebuah tembakan dua angka di detik akhir kuarter ketiga dari pemain Slingers, Wu Qingde, menutup kedudukan menjadi 52-45 masih untuk keunggulan Warriors.

Warriors yang enggan membiarkan Slingers membalikkan keadaan bangkit di kuarter terakhir. Mereka memborong perolehan poin di empat menit pertama melalui Daniels, Canada, Thomas dan Dodo yang secara keseluruhan mengemas sembilan angka dan menjaga jarak dari Slingers menjadi 61-45.

Selanjutnya balas membalas angka terjadi di antara kedua tim, yang diakhiri dengan sebuah "alley oop" dari Jeffers dan mengubah kedudukan menjadi 69-57 masih untuk keunggulan Warriors.

Poin tersebut menjadi angka terakhir yang terjadi dalam laga tersebut dengan hasil akhir 69-57 untuk kemenangan tim tamu, Warriors.

Pada pertandingan selanjutnya, Slingers akan berhadapan dengan Dragons pada 5 Februari di kandang mereka.

Sementara Warriors akan berupaya membalaskan luka yang ditorehkan San Miguel Beermen kala mereka melawat ke Filipina pada 8 Februari.

(ANT)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013