Jakarta (ANTARA) - Peraih medali SEA Games 2023 di Kamboja siap meramaikan Kejuaraan Renang Nika Masters edisi pertama yang bergulir di Kolam Renang 25m Nika, Bintaro, Jakarta, Minggu (28/5).

Nama-nama seperti I Gede Siman Sudartawa yang meraih emas nomor 50m gaya punggung putra, dan peraih perunggu pada nomor estafet 4x100m gaya ganti putra Joe Aditya WIjaya Kurniawan, Erick Ahmad Fathoni, dan Muhammad Dwiky Raharyo juga dipastikan turut hadir dalam kejuaraan tersebut.

"Kami mengundang seluruh peraih medali di ajang SEA Games seperti Siman Sudartawa, Joe Aditya, Erick Ahmad Fathoni, Angel Gabriel Yus, Dwiki Raharjo dan lainnya untuk melakukan ekshibisi," kata Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) Harlin E. Rahardjo dalam konferensi pers di Kantor PB PRSI, Wisma Bakrie, Kuningan, Jakarta, Kamis.

Kejuaraan renang master bertajuk 1st Nika Master Swimming Championship 2023 diikuti 150 perenang berusia dengan rentang usia 25 hingga 84 tahun.

"PB PRSI di bawah kepengurusan Anindya Bakrie sangat aktif mempopulerkan renang master. Diharapkan dengan adanya 1st NIKA Masters Swimming di kolam 25 meter ini populasi renang master makin bertambah. Kolam Nika ini bisa jadi contoh bagi daerah-daerah untuk membangun kolam 25 meter di berbagai daerah untuk menjadi tempat pemassalan dan pembinaan olahraga renang," ujar Harlin.

Ketua Panitia 1st NIKA Masters Swimming 2023 Rara Nastiti mengatakan ada 150 peserta yang bakal bersaing, dan 10 di antaranya berusia di atas 80 tahun. Misalnya Kartini Sapardjiman dari sektor putri yang berusia 83 tahun dan juga Rahardjo dari bagian putra juga berusia 83 tahun.

"Ini rekor tersendiri, banyak perenang di atas usia 80 tahun. Artinya akan menarik event ini, karena kolamnya 25 meter jadi banyak peminatnya. Lomba akan dimulai sejak pukul 08.00-17.00 WIB," kata Rara.

Sementara Ketua Bidang Renang Masters PB PRSI Anita Sapardjiman mengatakan adanya kejuaraan di Nika akan mendorong masyarakat untuk menggemari olahraga berenang. Di renang master ini punya motto fit, fun dan friendship. Ibu saya usia 83 tahun, masih terus berenang dan bersyukur kesehatannya terjaga hingga kini. Selain itu kita bisa bahagia karena banyak pertemanan," ujar Anita.

Selain itu, pelatih tim polo air putra, Nikola Milosavlejic, Ketua Dewan Pembina PB PRSI Sandiaga Uno yang juga Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Ketua Umum PB PRSI, Anindya Bakrie rencananya jg akan ikut berlomba.

Ajang 1st Nika Masters Swimming ini diharapkan bisa berkontribusi untuk meningkatkan popularitas cabang olahraga renang.

"Dengan cukup banyak sponsor yang berpartisipasi, diharapkan juga bisa mendukung event-event akuatik lainnya dan dapat membangkitkan dan menggairahkan industri olahraga renang," pungkas Harlin.


Baca juga: PRSI kirim Siman Sudartawa ke Amerika untuk persiapan Asian Games 2022
Baca juga: PRSI kucurkan bonus untuk peraih medali SEA Games 2023 Kamboja
Baca juga: Angel Gabriella belum puas dengan prestasinya di SEA Games 2023

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023