Depok (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia Dito Ariotedjo berharap para pemuda menjadi penggerak sosial dan socioprenur.

"Pengembangan anak muda bukan hanya kita dampingi dari organisasi kepemudaan dan aktivis, diharapkan juga pemuda Indonesia di seluruh daerah bisa menjadi penggerak sosial di sektor ekonomi maupun socioprenur yang berperan penting dalam membawa perubahan bangsa," kata Dito Ariotedjo dalam  peresmian kompetisi PFmuda di ajang Indonesian Social Leaders Expo 2023 yang diselenggarakan Universitas Indonesia (UI) bersama Pertamina Foundation di Makara Art Center UI seperti dikutip dari keterangan tertulis yang diterima di Depok, Jumat.

Menurutnya, kegiatan yang merupakan kompetisi proyek sosial generasi muda ini sejalan dengan visi dan misi Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang mengajak pemuda Indonesia untuk menjadi agen perubahan.

Baca juga: UI jalin kerja sama dengan UC Berkeley wujudkan kampus kelas dunia

PFmuda merupakan program CSR PT Pertamina (Persero) melalui Pertamina Foundation Muda yang menjadi ajang adu gagasan anak muda dalam mengentaskan masalah sosial di lingkungannya.

Upaya ini dijabarkan melalui proposal proyek sosial yang inspiratif, bermanfaat, dan berkelanjutan.

PFmuda hadir memberikan manfaat bagi generasi muda yang tertarik, mulai dari stimulan dana proyek, peningkatan kapasitas, mentoring proyek, dan jejaring dengan dunia usaha untuk keberlanjutan proyek sosialnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang SDM dan Aset UI, Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi mengatakan UI selalu percaya bahwa pengembangan ilmu pengetahuan melalui kegiatan akademik maupun non-akademik sebagai upaya menghasilkan terobosan baru.

Ia dapat menjadi pendorong utama untuk menciptakan perubahan positif di kehidupan masyarakat kelak.

Pada kesempatan tersebut, UI dan Pertamina Foundation menandatangani perjanjian kerja sama terkait Tri Dharma Perguruan Tinggi yang diwujudkan melalui kegiatan Sobat Bumi.

Baca juga: UI-Fakulti Pergigian Malaysia berikan layanan anak berkebutuhan khusus

Baca juga: UI ambil bagian dalam pertemuan AUA President Summit di Kazakhstan


Program tersebut dilaksanakan dengan penanaman vegetasi seluas lima hektare di hutan UI. Hal ini dilakukan sebagai upaya mengatasi perubahan iklim melalui penurunan emisi berbasis alam. Kolaborasi ini diharapkan dapat dielaborasi dengan program hutan edukasi yang diinisiasi oleh UI.

Presiden Direktur Pertamina Foundation, Agus Mashud S. Asngari menyampaikan Pertamina memberikan dukungan untuk pemuda Indonesia melalui Pertamina Foundation Muda dalam upaya pengimplementasian proyek dengan baik.

Melalui acara ini, diharapkan dapat membantu kepekaan kawula muda untuk mewujudkan sebuah solusi yang berkelanjutan dan membawa kehidupan masyarakat yang lebih baik.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023