Lhasa (ANTARA) - LHASA, 26 Mei (Xinhua) -- Lima versi dari Empat Risalah (Four Treatises), sebuah buku medis kuno tentang pengobatan tradisional Tibet, telah dimasukkan dalam Daftar Warisan Ingatan Dunia UNESCO pada pertemuan yang diadakan di Paris baru-baru ini, demikian diumumkan oleh Rumah Sakit Pengobatan Tibet di Daerah Otonom Tibet, China barat daya, pada Kamis (25/5).

Disusun dari abad ke-8 hingga ke-12, Empat Risalah memaparkan pengobatan tradisional Tibet klasik yang paling mendasar dan telah memainkan peran penting dalam penyebaran dan pengembangan pengobatan tradisional Tibet.

"Itu tidak hanya mewakili perawatan medis tingkat tertinggi di Tibet pada zaman kuno, tetapi juga mencerminkan studi tentang humaniora, sejarah, tradisi, sastra, seni, dan kerajinan pada periode awal Tibet," menurut keterangan tentang buku itu di situs web UNESCO.

Lima versi dari buku kuno itu masuk dalam Daftar Warisan Ingatan Dunia UNESCO, termasuk empat versi ukiran kayu (xylograph) dan satu versi manuskrip tinta emas.

"Penyertaan buku medis tersebut menandakan bahwa pengobatan Tibet telah melangkah ke panggung internasional," tutur Tsering, presiden rumah sakit tersebut. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023