Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengapresiasi acara BNI-Universitas Indonesia half marathon 2023 yang ikut bergeliat mengadakan kegiatan olahraga untuk seluruh elemen masyarakat.

"Saya sangat mengapresiasi kepada Universitas Indonesia ini tetap geliat mengadakan olahraga untuk masyarakat yang akan dilaksanakan di kampus Depok UI," kata Menpora Dito Ariotedjo kepada pewarta seusai menghadiri press conference BNI-UI half marathon 2023 di media center Kemenpora, Jakarta, Jumat (26/5).

Menpora Dito juga berharap Universitas Indonesia selaku salah satu universitas yang masuk tiga besar kampus di Indonesia dapat mengembangkan olahraga hingga masuk menjadi salah satu program studi manajerial olahraga ke depannya.

"Saya meminta semoga perkembangannya tidak di marathon tapi di cabang-cabang olahraga lainnya. Kami berharap Universitas Indonesia menjadi pionir untuk membuka prodi di manajerial olahraga," kata Dito.

BNI-UI half marathon 2023 bakal dilaksanakan pada 16 Juli mendatang. Event marathon tahunan yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia ini terbagi menjadi tiga kategori untuk half marathon 5 Km, 10 Km dan 21 Km.

Menpora Dito juga mengungkapkan bahwa animo masyarakat sekarang begitu tinggi untuk event-event marathon yang masif diselenggarakan karena dampak berakhirnya pandemi.

"Event-event olahraga hari ini khususnya marathon ini hampir semuanya selalu laku habis. Habisnya itu nggak sampai satu atau dua hari sudah habis terjual.
Masyarakat sangat antusias dan mungkin kangen karena panjangnya efek pandemi," ungkap Dito.

Mengenai program studi manajerial olahraga, Kemenpora Dito siap memberikan bantuan berupa tenaga ahli dan jejaring untuk memperkuat prodi itu kedepannya

"Ya kita akan mengadvokasi. Kita berharap Universitas Indonesia tertarik dan Kemenpora akan siap memberikan bantuan berupa tenaga ahli dan jejaring untuk memperkuat prodi itu," ungkap Dito.

Baca juga: Menpora harap pemuda jadi penggerak sosial dan sociopreneur
Baca juga: DKI gelar Half Marathon peringati HUT ke-78 Kemerdekaan RI

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023