Beijing (ANTARA) - BEIJING, 26 Mei (Xinhua) -- China baru-baru ini merilis sebuah pedoman untuk mempercepat pembangunan internet "dual-gigabit", yang mengacu pada jaringan 5G dan jaringan optik gigabit.

Sembari memperkuat pemeliharaan fasilitas telekomunikasi pedesaan, China akan mendukung kerja sama antarsektor dan penggunaan teknologi digital untuk meningkatkan ketersediaan jaringan tersebut, sesuai dengan pedoman yang dikeluarkan oleh 14 lembaga negara, termasuk Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi China.

China juga akan mempromosikan layanan lintas jaringan untuk roaming 5G, memperluas cakupan jaringan optik gigabit, dan menggenjot aktivitas pembangunan serta berbagi publik untuk infrastruktur telekomunikasi pedesaan, sebut pedoman itu.

China membuat kemajuan yang stabil dalam konstruksi internet. Data terbaru dari kementerian tersebut menunjukkan bahwa hingga akhir April, jumlah stasiun basis 5G di negara itu telah mencapai 2,73 juta, mencakup 24,5 persen dari total stasiun basis mobile.

Hingga akhir tahun lalu, jaringan optik gigabit China telah mampu menjangkau lebih dari 500 juta rumah tangga, menurut kementerian tersebut. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023