Untuk meningkatkan efisiensi proses distribusi kargo dan logistik nasional serta mengoptimalkan bisnis....
Jakarta (ANTARA) - PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I siap menerapkan program penataan ekosistem logistik nasional atau National Logistics Ecosystem (NLE) yang disepakati dalam leaders forum Implementasi NLE.

Dalam forum tersebut, direncanakan enam bandara di Indonesia akan mulai menerapkan program NLE. Adapun empat bandara di antaranya dikelola oleh AP I, yaitu Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Juanda Surabaya, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar yang akan mulai menerapkan empat pilar program NLE pada 2023.

Direktur Komersial dan Pelayanan AP I Dendi T Danianto dalam keterangannya di Jakarta, Jumat, mengatakan melalui hasil diskusi dalam leaders forum itu, disepakati empat bandara AP I dapat segera mengimplementasikan program NLE.

"Tentunya kami sangat mendukung implementasi program ini dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi proses distribusi kargo dan logistik nasional serta mengoptimalkan bisnis yang pada akhirnya akan berbanding lurus terhadap efektivitas layanan kargo secara nasional, peningkatan cargo throughput, dan pendapatan perusahaan," ujar Dendi.

Leaders forum merupakan forum sinergi dan koordinasi yang diikuti oleh para pimpinan kementerian/lembaga, perusahaan BUMN/anak usaha BUMN, dan instansi stakeholder anggota NLE membahas implementasi pilar program NLE untuk entitas logistik di pelabuhan laut dan bandara.

"Bandara memegang peranan yang cukup krusial dalam ekosistem distribusi kargo dan logistik melalui angkutan udara. Melalui implementasi empat pilar program NLE, AP I meyakini sistem distribusi kargo dan logistik melalui angkutan udara akan menjadi semakin optimal dan efisien," ujar Dendi.

AP I menjelaskan empat pilar program NLE terdiri atas simplifikasi proses bisnis layanan pemerintah di bidang logistik, kolaborasi sistem layanan logistik internasional dan domestik, kemudahan transaksi pembayaran penerimaan negara dan fasilitasi pembayaran antar pelaku usaha logistik serta penataan tata ruang kepelabuhan dan jalur distribusi barang.

Program NLE merupakan program turunan dari Instruksi Presiden Republik Indonesia (Inpres) Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penataan Ekosistem Logistik Nasional. Program itu bertujuan untuk meningkatkan kinerja logistik nasional, memperbaiki iklim investasi, dan meningkatkan daya saing perekonomian nasional.

Dalam mendukung implementasi program NLE, AP I juga telah menerapkan sejumlah langkah strategis, seperti implementasi Cargo Integrated System 2.0 yang mendukung digitalisasi proses bisnis di terminal kargo.

"Implementasi Cargo Integrated System 2.0 akan memudahkan proses transaksi dan pertukaran data antara stakeholder yang tergabung dalam ekosistem kargo dan logistik, yang pada akhirnya akan mendukung percepatan implementasi program NLE di bandara-bandara AP I," ujar Dendi pula.
Baca juga: Kadin soroti lima area fokus digitalisasi industri logistik
Baca juga: Erick Thohir: Merger Pelindo perkuat ekosistem logistik nasional

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023