...memang tidak mungkin dilakukan pada semua pulau.
Batam (ANTARA News) - Pemerintah Kota Batam akan kembali membangun jaringan Internet dan menara telekomunikasi di kawasan Kepulauan Kota Batam untuk memudahkan komunikasi.

"Kami sudah mulai melakukan pembangunan di daerah perbatasan. Bahkan di Pulau Nipah sudah berdiri satu unit BTS," kata Kepala Badan Komunikasi dan Informasi (Kaban Kominfo) Kota Batam, Salim, di Batam, Senin.

Ia mengatakan, dalam waktu dekat akan dilakukan pembangunan lagi di wilayah Semakau Belakangpadang dengan anggaran Rp300 juta.

"Pembangunan memang tidak mungkin dilakukan pada semua pulau. Tapi kami harap pulau-pulau sekitarnya juga memperoleh koneksi dari BTS tersebut," kata dia.

Ia menyatakan, dengan sistem saat ini yang masih menggunakan panel surya, dianggap kurang maksimal. Tetapi Salim menjelaskan, saat ini pihaknya sedang mengupayakan sistem listrik dengan menggunakan gas.

Dengan pola tersebut, kemungkinan dapat mengalirkan daya listrik yang lebih besar.

Sementara itu, kata dia, Kominfo juga berencana membangun lima menara telekomunikasi di wilayah daratan Pulau Batam untuk meminimalisir masuknya jaringan negara luar Batam.

"Pembangunan Teluk Mata Ikan dan Tanjung Memban Kecamatan Nongsa, serta wilayah Galang dan Bulang di sisi selatan Batam sering tidak mendapat sinyal telekomunikasi Indonesia," kata dia.
(*)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013