Jakarta (ANTARA) - Bazar Buku Internasional “Big Bad Wolf Books” (BBW) kembali hadir di ICE BSD, Tangerang Selatan mulai hari ini hingga 5 Juni mendatang.

“Kali ini kita akan menyediakan 50 ribu buku dan hampir 40 persen itu adalah buku Indonesia dan selebihnya buku internasional,” kata Presiden Direktur Big Bad Wolf, Uli Silalahi saat dijumpai di ICE BSD, Tangerang Selatan, Jumat.

“Tujuan kita membuat buku Bahasa Indonesia lebih banyak tahun ini adalah agar selain Bahasa Inggris, masyarakat juga tetap mencintai budaya dan bahasanya,” tambahnya.

Tahun ini, BBW mengusung tema #BACAITUKEREN. Uli mengatakan bahwa tema kali ini bertujuan untuk membangkitkan gairah membaca buku fisik pada masyarakat khususnya anak-anak.

Baca juga: Indonesia jadi pasar paling potensial dalam penjualan buku di BBW

“BBW Jakarta 2023 membangkitkan gairah membaca buku fisik dengan koleksi serba baru dan pengalaman keren serba seru untuk gaya hidup kekinian yang mengasyikkan. Dengan ruangan yang luas, anak-anak bisa bebas eksplor di sini. Hal itu juga bisa meningkatkan minat mereka terhadap buku,” ujar Uli.

BBW sudah mulai dibuka pukul 09.00 hingga 24.00 WIB di ICE BSD City Hall 3-3A dan bebas biaya masuk bazar. Selain menyediakan buku-buku, BBW juga menyediakan area makan hingga area berbelanja di luar hall.

Jika ingin memasuki area di dalam hall, Uli menyarankan agar pengunjung terlebih dahulu melihat peta yang sudah tersedia. Dengan demikian, pengunjung bisa langsung mencari buku yang diinginkan tanpa perlu membuang banyak waktu. Selain itu, pengunjung juga bisa melihat daftar harga setiap kategori buku.

Kode harga akan tertempel pada buku bertuliskan kode alfabet kemudian pengunjung bisa menyocokkan alfabet tersebut dengan harga yang sudah tertera.

Baca juga: "Big Bad Wolf" 2023 kembali hadir dengan beragam buku baru

“Ketika ingin membayar, dipastikan untuk sudah membeli semua buku yang dibutuhkan ya. Karena kalau sudah masuk area kasir, itu sudah tidak bisa kembali lagi ke dalam. Jadi nggak usah terburu-buru. Kita buka sampai tengah malam kok,” terang Uli.

Beragam jenis buku yang tersedia di BBW tahun ini adalah buku berbahasa Indonesia, buku anak-anak, buku fiksi, hingga buku non-fiksi. Di area pintu masuk, pengunjung juga bisa melihat rangkaian buku-buku Best Seller dan Top Books sebagai rekomendasi.

Selain di Tangerang Selatan, tahun ini BBW juga akan tur ke 6 kota yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Balikpapan, dan kota ke-6 akan menjadi kejutan pemberhentian tour dari pameran buku tersebut.

“Saya harap dengan adanya pameran ini misi kita bisa terwujud yaitu menyebarkan buku ke seluruh Indonesia. Karena buku itu adalah jendela dunia,” kata Uli menutup penjelasannya.

Baca juga: Bazaar buku "Big Bad Wolf" dibuka hari ini

Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023