Hanoi (ANTARA) - Vietnam meminta China menarik kapal penelitian mereka Xiang Yang Hong 10, kapal penjaga pantai, dan kapal penangkap ikan dari perairan Vietnam, kata Wakil Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Pham Thu Hang pada Jumat.

Dia menyerukan hal tersebut sebagai tanggapan pertanyaan seorang wartawan mengenai reaksi Vietnam atas operasi ilegal kapal-kapal China di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Vietnam di Laut Timur baru-baru ini.

Hang menegaskan bahwa ZEE Vietnam ditetapkan sesuai dengan ketentuan Konvensi PBB tahun 1982 tentang Hukum Laut.

Kementerian Luar Negeri Vietnam dan instansi terkait telah berkomunikasi dengan pihak China dan menerapkan langkah sejalan dengan hukum internasional dan Vietnam untuk memastikan hak dan kepentingan Vietnam yang sah dihormati.

Vietnam meminta instansi terkait dari China untuk mematuhi persepsi bersama kedua pemimpin negara dan segera menghentikan pelanggaran, menarik kapal riset dan kapal penjaga pantai serta kapal penangkap ikan mereka dari perairan Vietnam.

Vietnam juga mendesak China untuk menghormati hak kedaulatan dan wilayah hukum Vietnam, dengan ketat menerapkan Deklarasi Sikap Para Pihak di Laut Timur (DOC), menjaga perdamaian, kerjasama, dan pembangunan Laut Timur, serta berkontribusi dalam pengembangan kerjasama antara kedua negara.

Sumber: VNA-Oana
Baca juga: Vietnam protes penenggelaman kapal oleh Beijing di Laut China Selatan
Baca juga: Kapal China jauhi Vietnam setelah perseteruan penelitian minyak
Baca juga: Vietnam minta China tarik kapal dari ZEE-nya

Penerjemah: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023