Jambi (ANTARA) - Gubernur Jambi Al Haris mengapresiasi ide dan gagasan Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Fakultas Pertanian Universitas Jambi (Faperta Unja) yang menggelar Job Fair dan Bazar di Kampus Unja Mendalo.

Job Fair dengan menyediakan sekitar 1.000 peluang kerja dari 50 hingga 60 perusahaan perkebunan, Kehutanan, BUMN dan perusahaan swasta yang beroperasi di Provinsi Jambi sangat bermanfaat untuk masyarakat Jambi, kata Al Haris, Jumat.

"Saya sebagai Gubernur sangat mengapresiasi ide dan gagasan dari IKA Faperta Unja ini dan diharapkan lewat Job fair dapat mengurangi angka pengangguran di daerah," katanya.

Acara job fair itu dihadiri Wakil Menteri Ketenagakerjaan Ir Afriansyah Noor dan Sekretaris Daerah Provinsi Jambi Sudirman.

Baca juga: Reuni akbar, IKA Faperta Unja buka 1.000 lowongan kerja di Jambi

Baca juga: Unja buka seleksi mahasiswa baru jalur mandiri


Ditambahkan Al Haris, kegiatan tersebut sangat penting karena ada ruang interaksi langsung antara pemberi kerja dengan pencari kerja dimana kegiatan itu penting di tengah banyak situs penawaran kerja hoaks di media sosial, namun di sini langsung mempertemukan pencari kerja dengan pemberi kerja.

"Ini sangat penting, pertama kita ingin angka pengangguran turun, kedua ada semangat baru bagi anak yang mencari pekerjaan, ada kepastian hukum bagi mereka dan juga didorong sektor swasta membuka lowongan pekerjaan, tidak diam-diam sehingga dapat memberi kesempatan para pencari kerja, tidak hanya orang dalam yang membawa keluarganya," katanya.

Selain job fair juga dilakukan pelantikan pengurus IKA Faperta Unja periode 2023-2027 yang diketuai Dr Ardi S.P M.Si. Reuni Akbar dengan seluruh rangkaian acara itu diberi label 'Balek ke Umo' Faperta Unja tahun 2023. "Balek ke Umo ini merupakan forum civitas akademika Faperta Unja dan alumni untuk bersilaturahmi.

Acara itu juga yang mengambil tema Together We Become Strong, sebagai spirit kebersamaan membangun sumber daya intelektual yang dibutuhkan Provinsi Jambi.

"Kita berharap kegiatan ini memberikan manfaat luas dan membawa kemajuan bagi seluruh alumni dan civitas akademika," kata Ardi.

Sementara Ketua Panpel Balek ke Umo, Fuad Muchlis, mengatakan hingga saat ini seluruh persiapan acara sudah mendekati rampung dan para alumni sudah mendaftarkan diri untuk hadir.

Puncak acaranya adalah Reuni Akbar dan fun walk pada 27 Mei 2023 yang ditargetkan diikuti 1.000 alumni Faperta Unja, mulai dari angkatan non SKS (angkatan 1978 dan sebelumnya), hingga angkatan 2018 (alumni termuda yang baru lulus) akan dipusatkan di Kebun Alumni dan Halaman Fakultas Pertanian, Kampus Pinang Masak.

Alumni yang akan hadir tidak hanya dari dalam Provinsi Jambi saja juga dari luar provinsi Jambi. Selain itu Wamenaker sudah memastikan akan hadir dan perusahaan peserta job fair, maupun UMKM peserta Bazaar juga sudah siap mendukung acara akbar ini.

Job Fair terbuka untuk umum karena lowongan pekerjaan yang disediakan tidak hanya untuk alumni Faperta. Sementara bazar akan diikuti organisasi kemahasiswaan, Dharma Wanita Persatuan Faperta, UMKM binaan Faperta dan produk alumni Faperta.*

Baca juga: Unja beri kesempatan mahasiswa ikuti program MBKM Ferienjob di Jerman

Baca juga: Universitas Jambi tes urine 214 pimpinan kampus

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023