Gorontalo (ANTARA) - Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Gorontalo memperkuat penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di seluruh organisasi perangkat daerah (OPD).

"Kita perkuat pemahaman melalui rapat koordinasi terkait persiapan evaluasi SPBE tahun 2023 sesuai permintaan pihak Diskominfotik sebagai OPD penanggungjawab," kata Analis Kebijakan Madya, Asdep SPBE Kementerian PAN-RB, Ugi Cahyo Setiono, di Gorontalo, Jumat.

Ia mengatakan, penerapan SPBE memerlukan dukungan yang kuat dari seluruh OPD. Sebab bukan cuma tugas satu atau dua OPD, namun seluruh OPD yang ada di Provinsi Gorontalo," kata Ugi.

Oleh karenanya, seluruh OPD perlu memahami instrumen dalam penilaian SPBE, sehingga dapat memenuhi kriteria atau persyaratan pada masing-masing indikator. "Nanti akan ada pembahasan masing-masing indikator, diharapkan nanti paham apa yang harus dipenuhi pada kriteria atau persyaratan pada masing-masing indikator," kata Ugi lagi.

Baca juga: Menpan RB kunjungi GDS Inggris perkuat layanan berbasis digital

Baca juga: Menteri PAN-RB tekankan pentingnya digitalisasi arsip negara


Ia menambahkan, ketidakpahaman persyaratan pada masing-masing indikator menyebabkan data dukung yang diberikan tidak sesuai atau tidak relevan. "Karena ketidakpahaman itu, pemberian data dukung yang diperlukan tidak sesuai yang diharapkan, tidak pas dan tidak relevan dengan apa yang diharapkan. Sehingga perlu memberi pemahaman yang kuat dan konsisten," katanya pula.

Rapat koordinasi tersebut melibatkan narasumber dari Kementerian PAN-RB serta instansi terkait seperti Bapppeda, BPSDM, Biro Organisasi, Biro Hukum, Dinas Perhubungan, Biro Pengadaan, dan Inspektorat.*

Baca juga: Menpan RB rapikan 27 ribu aplikasi dengan SPBE

Baca juga: Suharso: Percepatan SPBE dorong efisiensi tata kelola pemerintah

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023