Jakarta (ANTARA News) - Pemeran Mr Bean dalam serial komedi televisi, Rowan Atkinson, kembali ke panggung Teater West End dengan "peran paling serius" yang pernah dia jalani.

"Saya sangat percaya bahwa kalau kau aktor watak, peran serius sama saja dengan peran lucu," kata bintang serial televisi "Blackadder" itu kepada Radio Four's Front Row.

Aktor berusia 58 tahun itu akan tampil dalam "Quartermaine's Terms", tragi-comedy karya Simon Gray tentang guru di sebuah sekolah berbahasa Inggris.

Cerita jenaka namun pedas Gray yang pertama kali ditampilkan tahun 1981 dengan aktor utama Edward Fox itu akan menandai penampilan pertama Atkinson di panggung teater setelah 25 tahun.

"Saya ingat menonton ini tahun 1981 dan sangat menyukainya. Saya selalu suka pertunjukkan itu: rasanya, periodenya, atmosfernya," katanya seperti dikutip laman BBC.

Atkinson akan memerankan tokoh guru bernama St John Quartermaine yang banyak duduk di sebuah kursi berlengan. "Dia benar-benar hanya duduk di kursi dalam keadaan semi-katatonik, tidak semenantang yang kalian bayangkan," katanya.

"Kalau Anda mencari peran tanpa aktivitas di teater maka ini sesuai dengan yang dibayar," tambahnya.

Sutradara Sir Richard Eyre yakin banyak penonton yang datang untuk melihat Atkinson dalam pertunjukan itu.

"Ini tribut untuk teater dan keterampilan luar biasa Rowan sehingga setelah 10 menit mereka akan menerima pertunjukan tersebut," katanya.

(nta)

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013