Kayutangan sudah mulai menarik wisatawan bukan hanya dari dalam negeri tapi mancanegara
Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Pemerintah Kota Malang berencana menggandeng sejumlah investor agar berinvestasi mengembangkan kawasan wisata Kayutangan Heritage, yang terletak di Jalan Basuki Rachmat Kota Malang, Jawa Timur.

Wali Kota Malang Sutiaji di Kota Malang, Jumat, mengatakan bahwa para investor tersebut, rencananya membuka usaha pada deretan pertokoan bernuansa heritage di kawasan wisata Kayutangan yang saat ini belum difungsikan.

"Kami mendatangkan investor untuk mengisi (ruko-ruko) itu," kata Sutiaji.

Sutiaji menjelaskan dengan kehadiran para investor berinvestasi untuk menghidupkan ruko-ruko tersebut, diharapkan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi Kota Malang, termasuk juga meningkatkan kunjungan wisatawan di kawasan itu.

Menurutnya, dengan hidupnya kawasan wisata Kayutangan tersebut, diharapkan juga mampu memberikan dampak positif kepada kampung-kampung wisata di koridor tersebut.

"Jika ini tumbuh, kafe kanan kiri tumbuh, nanti kemudian bisa menumbuhkan yang ada di perkampungan," ujarnya.

Baca juga: Pemkot Malang segera tata parkir di kawasan wisata Kayutangan

Ia menambahkan, selain rencana untuk menggandeng investor tersebut, Pemerintah Kota Malang juga melakukan penataan kabel-kabel yang semrawut di kawasan itu. Penataan kabel tersebut merupakan salah satu rencana jangka menengah untuk penataan kawasan.

Kawasan Kayutangan, lanjutnya, saat ini juga sudah diminati oleh wisatawan mancanegara yang berkunjung ke wilayah tersebut. Dalam beberapa waktu terakhir, Sutiaji sudah menerima sejumlah laporan bahwa ada aktivitas wisatawan mancanegara di kawasan itu.

"Itu artinya, Kayutangan sudah mulai menarik wisatawan bukan hanya dari dalam negeri tapi mancanegara," ujarnya.

Pemerintah Kota Malang juga akan melakukan pembekalan kepada para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM)  di kawasan tersebut. Hal itu untuk meningkatkan kenyamanan para wisatawan saat berkunjung.

"Nanti kami lakukan sertifikasi, supaya tahu tata cara menyajikan, dan lainnya," katanya.

Sebagai informasi, Pemerintah Kota Malang saat ini tengah melakukan penataan kawasan wisata Kayutangan Heritage yang diharapkan mampu menjadi salah satu daya tarik wisata di Kota Malang.

Pada kawasan tersebut sudah mulai bermunculan usaha-usaha baru seperti kafe dan restoran yang pada saat akhir pekan banyak dikunjungi oleh wisatawan. Pengembangan kawasan Kayutangan Heritage tersebut juga akan melibatkan masyarakat setempat.

Salah satu daya tarik yang ditawarkan untuk menarik para wisatawan tersebut adalah, suasana perkampungan peninggalan masa Hindia Belanda yang berada di sekitar koridor utama kawasan Kayutangan Heritage.

Baca juga: Malang Heritage diharapkan putar ekonomi kerakyatan

Baca juga: Pemkot Malang berharap "Malang 109" ungkit sektor pariwisata


Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023